proses insisi abses - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, selamat sore ijin konsul. Pasien anak perempuan usia 2 tahun datang dengan keluhan benjolan di bagian tulang ekor benjolam sudah terasa 3 hari dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • proses insisi abses

    22 September 2019, 16:33
    dr. Fadli M
    dr. Fadli M
    Dokter Umum

    Alodokter, selamat sore ijin konsul. Pasien anak perempuan usia 2 tahun datang dengan keluhan benjolan di bagian tulang ekor benjolam sudah terasa 3 hari dan semakin membesar. Demam (+) sudah kurang lebih 3 hari. Pada pf didapatkan T:37.8: BB= 14kg. Status lokalis tampak benjolan pada sisi medial gluteal uk kurang lebih 2.5x4cm tampak hiperemis batas tegas, mobile seperti ada cairan dalam benjolan. Nyeri saat tersentuh. Mohon ijin konsul untuk tatalaksananya bagaimana kah? Apa diberi ab dahulu atau bisa langsung insisi drainase? Apabila insisi, untuk anestesinya bagaimana kah, mengingat pasien masih anak jadi kemungkinan sulit kooperatif. Apakah boleh saya rujuk untuk insisi drainase ke bedah jika pakai bpjs? Terima kasih

22 September 2019, 18:05

Alo Dokter,

Pertama harus dilihat dulu kalau benjolan itu benar abses atau tidak dok. Kalau Dokter sudah yakin benjolan yang ada itu abses, menurut https://www.dermnetnz.org/topics/cutaneous-abscess penanganan untuk abses kulit sebenarnya adalah insisi dan drainase. Pemberian antibiotik harus sesuai hasil tes bakteri yang menyebabkan abses kulit dan tes sensitivitas antibiotik dengan catatan diberikan kalau ada komplikasinya misalnya pada pasien imunocompromised.

Jadi sebenarnya kalau lihat dari sumber diatas, langsung dilakukan insisi dan drainase abses yang muncul. Tapi kalau Dokter ingin ingin beri antibiotik dan analgetik dulu, boleh saja dok sembari lihat perkembangan abses yang sudah ditangani dengan antibiotik. Tapi kalau tidak membaik ya memang harus di insisi dan drainase. Kalau ternyata tidak membaik dan dokter ingin insisi dan drainaseu, untuk anestesinya sendiri, bisa coba lokal saja dok karena di daerah gluteus ya.

Kalau ternyata benjolan yang muncul ternyata sudah besar dari ukuran yang Dokter cantumkan sekarang, bisa dirujuk ke dokter bedah.

22 September 2019, 22:38
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Diskusi ini akan lebih terbuka dan jelas bila anda juga melampirkan foto klinis nya karena ada beberapa keterangan anda yg tdk disebutkan dalam deskripsi pemeriksaan fisik tsb seperti ada tidaknya fluktuasi, nyeri tekan, perbedaan suhu diarea bengkak dengan kulit sekitarnya, batas, permukaan, konsistensi dan msh banyak lagi.
Dalam hal ini, anda sebagai dokter kini pertama, harus tegas, memiliki kompetensi dan bisa menentukan apakah ini benar suatu abses atau bukan HANYA berdasarkan pada pemeriksaan fisik saja, karena diagnosis abses tsb cukup melalui pemeriksaan fisik.
Dan dalam tatalaksana abses, penanganan nya adalah drainase pus, dan dilanjutkan dengan debridement (namun debridement ini bukan merupakan kompetensi dokter umum). Drainase pus ini merupakan kompetensi mandiri pada seseorang dokter umum, dan bisa dilakukan dengan bius lokal, baik itu dengan procaine/lidocaine ataupun dengan spray chlorethyl. Saya sangat tidak setuju bila suatu abses itu diterapi dengan "mencoba" dahulu diberikan antibiotik dan analgetik, karena hal tsb akan membuat anda bekerja dibawah standar, dan itu justru bisa membawa anda ke arah malpraktek sebab antibiotik dan analgetik tsb merupakan tindakan lanjutan dari drainase pus.
Oleh karena itu, bila benar itu suatu abses, maka jgn ragu utk melakukan tindakan drainase pus secepatnya. 
Semoga bermanfaat!