Proses BPJS-TK pada Kecelakaan saat Kerja - Kedokteran Okupasi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Fani, Sp.OK,ijin tanya Dok, sebenarnya bagaimana tahapan penggunaan BPJS-TK pada pasien yang datang akibat kecelakaan saat kerja ya Dok? Apakah ada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Proses BPJS-TK pada Kecelakaan saat Kerja - Kedokteran Okupasi Ask the Expert

    24 Juni 2022, 15:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Fani, Sp.OK,

    ijin tanya Dok, sebenarnya bagaimana tahapan penggunaan BPJS-TK pada pasien yang datang akibat kecelakaan saat kerja ya Dok? Apakah ada proses administrasi yang diperlukan, atau misalnya memang hanya boleh pada RS yang menyediakan BPJS saja? 

    Mohon insight dari pengalaman Dokter, karena sejauh ini saya belum ada pengalaman dengan pasien yang datang ke IGD akibat kecelakaan saat kerja. Terimakasih Dok.

24 Juni 2022, 15:39
Terimakasih atas pertanyaannya dokter, untuk kasus kecelakaan kerja, yang paling utama, membawa pekerja ke IGD RS dalam tindakan awal penanganan kasus kecelakaan, untuk menghindari terjadinya disabilitas ataupun kematian. Setelah penanganan awal, pastikan pasien stabil, baru diperiksa identitas atau berkomunikasi dengan yang mengantar ke IGD, apabila pekerja dari sektor formal / informal maka pastikan sudah terlindungi di BPJS Ketenagakerjaan. Maka RS atau klinik yang telah kerjasama atau MOU dengan BPJS Ketenagakerjaan, dapat langsung melakukan input pendaftaran berdasarkan NIK atau nomer peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apabila data terbaca , input data pasien sambil berkoordinasi dengan  pihak BPJS Ketenagakerjaan dimana RS/ Klinik bekerjasama. Apabila data tidak ditemukan, maka konfirmasi ke BPJS Ketenagakerjaan dan pasien tetap ditangani sambil berkoordinasi dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan dan pihak perusahaan dalam melengkapi berkas dan koordinasi kondisi pasien.