Pemberian terapi obat yang tepat untuk pasien dengan gout - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, izin bertanya dok. Profilaksis untuk pasien dengan gout akut selain diet rendah purin dan nonfarmakologis lainnya apakah dengan pemberian kolkisin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian terapi obat yang tepat untuk pasien dengan gout

    30 Desember 2019, 16:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodok, izin bertanya dok. Profilaksis untuk pasien dengan gout akut selain diet rendah purin dan nonfarmakologis lainnya apakah dengan pemberian kolkisin atau nsaid selama 6 bulan dok? 

    Dan pada pasien gout dengan tofus pada satu sendi jika kadar Asam uratnya sudah normal apakah allopurinol diberikan seumur hidup atau dapat distop dengan kontrol rutin dok? Namun, masih sering muncul serangan akut saat terapi. 

    Terima kasih dok

30 Desember 2019, 16:26
Alodok

Berdasarkan rekomendasi IRA tahun 2018 mengenai pedoman diagnosis dan tatalaksana gout, setiap pasien yang mendapatkan terapi penurunan asam urat terutama yang baru pertama kali memulai beresiko terjadinya serangan gout akut oleh karena itu dapat diberikan kolkisin dengan dosis 0.5-1mg per hari untuk mencegah terjadinya serangan akut selama 6 bulan. Bila terdapat kontraindikasi penggunaan kolkisin dapat diberikan OAINS dosis rendah sebagai profilaksis selama tidak ada kontraindikasi.

Target penurunan asam urat pada umumnya <6mg /dl, tetapi pada pasien dengan gout berat yang sudah muncul tofus ataupun serangan akut berulang target penurunan asam urat adalah <5mg/dl. Kadar asam urat <3mg/dl, tidak direkomendasikan lagi untuk diturunkan jangka panjang.

Sumber : pedoman diagnosis dan tatalaksana gout IRA 2018
30 Desember 2019, 19:09
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dok 
30 Desember 2019, 20:07
Berdaaarkan sumber yang saya dapatkan boleh dok memberikan allopurinol dalam jangka waktu lama dengan catatan tidak ada efek aamping yang serius pada pasien selama konsumsi obat
30 Desember 2019, 20:08
30 Desember 2019, 22:43
dr. Novandra Abdillah, SpPD
dr. Novandra Abdillah, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
👍👍