Posisi seperti apa yang terbaik untuk memperbaiki oksigenasi pasien COVID-19 yang tidak terintubasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok! Saya ijin bertanya, apakah posisi pronasi dapat membantu memperbaiki oksigenasi pasien COVID-19 yang tidak diintubasi?

Diskusi Dokter

01 Oktober 2020, 10:50

bantu jawab yah

Alo, Dok. Selain memperbaiki oksigenasi pada pasien yang diintubasi, studi terbaru menunjukkan bahwa posisi prone juga dapat memperbaiki oksigenasi pasien yang tidak diintubasi. Literatur saat ini menunjukkan ada manfaat positif bagi pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen dan mendapatkannya melalui nasal cannula, high-flow nasal cannula, atau ventilasi noninvasif, asalkan pasien tersebut nyaman dan dapat berbaring secara prone.
Posisi prone dapat memperbaiki V/Q mismatch. Suatu studi kecil menunjukkan bahwa pasien dengan posisi prone mengalami peningkatan rerata rasio PaO2/FiO2 sekitar 25-35 mmHg bila dibandingkan high-flow nasal cannula dan ventilasi noninvasif sebelumnya. Pasien dalam studi tersebut yang mengalami ARDS (acute respiratory distress syndrome) moderat juga mengalami penurunan kebutuhan intubasi bila berada dalam posisi prone.
https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/0885066620934801

09 Oktober 2020, 03:26
Ya, namanya awake prone position... Silahkan sarankan pasien melakukannya sendiri bergantian selama mungkin sesuai kenyamanan yang bersangkutan, sambil dimonitoring secara kontinyu saturasi oksigen.