Pola makan yang baik untuk menjaga siklus haid agar teratur - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Noor Diah, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, izin bertanya dokter.Bagaimana peranan nutrisi dalam menjaga siklus haid? Pola makan seperti apa yang harus dijaga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pola makan yang baik untuk menjaga siklus haid agar teratur - Gizi Klinik Ask The Expert

    10 November 2021, 10:15

    Alo dr. Noor Diah, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, izin bertanya dokter.

    Bagaimana peranan nutrisi dalam menjaga siklus haid? Pola makan seperti apa yang harus dijaga dan dihindari agar siklus haid selalu teratur?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

10 November 2021, 10:51

Selamat pagi dr Nurul

Mengenai faktor makanan, beberapa penelitian  telah menganalisis kemungkinan pengaruh antara konsumsi makanan tertentu dan perbaikan masalah haid. Beberapa hal yang berhubungan dengan perbaikan adalah  potensi peran protektif dari peningkatan konsumsi buah-buahan, sayuran, ikan dan produk susu terhadap nyeri haid. Namun, bukti tentang hal ini masih terbatas saat ini dan penelitian lebih lanjut diperlukan. 

Beberapa hal yang terkait makanan diantaranya saya jabarkan di sini. Nyeri haid dikaitkan dengan makan kurang dari dua porsi buah per hari, sehingga diharapkan untuk menjamin ketersedian vitamin, mineral dan antioksidan yang baik dapat dilakukan dengan konsumsi buah sayur 300-400 gram/hari. Wanita yang mengonsumsi minyak zaitun atau fish oil mengalami lebih sedikit perdarahan menstruasi setiap hari dan perbaikan nyeri. Disarankan untuk mengkonsumsi sumber omega 3 dan omega 9 yang baik.  

Saran saya adopsilah pola makan diet seimbang sesuai usia dan status gizi serta membiasakan diri mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk membantu memperbaiki inflamasi di dalam tubuh. 

10 November 2021, 10:52
Terimakasih  dokter  atas jawabannya yang sangat  bermanfaat, mohon  maaf tidak bertanya  sesuai  topik dokter  🙏