Pasien anak laki-laki usia 7 bulan dengan Pioderma - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok.Izin konsul.An. Laki laki usia 7 bulan. Datang dibawa oleh ibunya dengan keluhan seluruh badannya muncul kemerahan disertai dengan nanah semenjak 1...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak laki-laki usia 7 bulan dengan Pioderma

    24 Maret 2022, 12:38
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok.

    Izin konsul.

    An. Laki laki usia 7 bulan. Datang dibawa oleh ibunya dengan keluhan seluruh badannya muncul kemerahan disertai dengan nanah semenjak 1 bulan ini, awalnya keluhan tersebut muncul di dada, lalau baru menjalar kesuruh tubuh.

    Riwayat alergi (-), riwayat mengganti produk sehari hari yang di pakai oleh os (-), riwayat keluarga yang punya keluhan yang sama (-).

    Riwayat anggota keluarga yang mondok di pesantren (-).

    Rpo : selama 1 bulan ini os sudah 4 kali dibawa ibunya berobat, namun tidak ada perubahan sama sekali. Dan yang ibu os ingat obat yang dikonsumsi selama ini : paracetamol, amoxicillin.

    Untuk obat yang lainnya ibu os lupa nama obatnya.

    Ibu os juga pernah berinisiatif memberikan bedak herocyn, salep chlorampecort ( chlorampenicol, prednisolone ), sabun geovan dan larutan PK. Namun tetap tidak ada perubahan.

    Mohon assestment dan tatalaksana lebih lanjut dok mengenai kondisi pasien tersebut.

    Terimakasih.

    +1
24 Maret 2022, 15:20

Sepertinya mirip miliaria pustulosa yg merupakan tahap lanjut dari miliaria rubra.
Bisa dievaluasi kembali untuk menghindari keringat berlebih dengan modifikasi suhu/kelembapan atau penggunaan pakaian yang tidak berlebihan.  Tatalaksana menggunakan lotion yang mengandung kalamin, mandi secara teratur dengan sabun noniritatif, kortikosteroid dan antibiotik topikal.
Mhon koreksi tks.
26 Maret 2022, 11:57
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit
Alo dokter,Ijin ikut menanggapi ya. Kemungkinan ke arah miliaria dengan infeksi sekunder bisa, atau skabies dgn infeksi sekunder pun masih bisa krn pada bayi sering tidak khas dan kulitnya lebih rentan tertular. Saran saya coba dilakukan skin scrapping untuk pemeriksaan skabies.
Pengobatan utk saat ini dapat diberikan dulu antibiotik sistemik misalnya koamoksiklav dengan dosis disesuaikan BB. Untuk topikalnya, berikan pelembap yang baik dan mandikan dengan sabun mandi berpelembap. Dimonitor dulu dok, menunggu hasil pemeriksaan dan respon terapi.
Semoga membantu dok, terima kasih
26 Maret 2022, 15:15
Alo Dokter, izin ikut menanggapi ya. Dari tampilan lesinya seperti lesi scabies disertai infeksi sekunder ya Dok. Predileksi lesinya banyak di ketiak, perut, dan selangkangan, dgn papul multipel eritema
Untuk tatalaksananya mungkin bisa berikan salap 2-4, hydrocortisone atau gabungan dgn gentamycin topikal, dan caladine cair utk mengurangi gatal, dan edukasi utk tetap mandi menggunakan sabun bayi dan anjuran utk mencuci seluruh kain dgn air panas Dok, serta kasur2 dijemur. Dan kontrol kembali jika dalam seminggu tidak ada perubahan. Semoga membantu Dok 🙏🏻
27 Maret 2022, 07:57
dr.Jasmin Thalib
dr.Jasmin Thalib
Dokter Spesialis Kulit
Alo dokter, diagnosa nya menurut saya candidiasis intertrigo + dermatitis kontak irutan.
Penaganan awal voba stop bedak herosin dan salep. Sabun mandi menggunakan sabun khusus baby yg sensitif. Bila tdak ada sabun bayi yg cair bisa. Oles moisturizer khusus utk bayi setiap hbs mandi. Dan oles antibiotika cream pada area yg ada pustula nya dg cream antibiotik. Moisturizer khusus baby atopi ya. Ada bbrp merek.
Setelah reda iritasi nya baru terapi dg cream anti jamur, seperti termiail cream pada area axila atau sumber inferksi. Menjaga penyrbab timbulnya candidiasis dengan menjaga keringat dan baju tetap kering. Hindari baju yg tebal dan tidak menyerap keringat.