Interaksi orang serumah yang tidak sakit di saat physical distancing - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, apakah physical distancing juga berlaku untuk orang serumah? Meski mereka tidak sakit dan bukan termasuk ODP atau PDP? Bagaimana interaksi antar...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Interaksi orang serumah yang tidak sakit di saat physical distancing

    29 Maret 2020, 10:41

    Alo Dokter, apakah physical distancing juga berlaku untuk orang serumah? Meski mereka tidak sakit dan bukan termasuk ODP atau PDP? Bagaimana interaksi antar suami isteri atau orang tua dengan anak?


    Sebelumnya, terima kasih atas infonya.

29 Maret 2020, 13:01

Alo, dr. Nurul.

Berdasarkan pedoman penanggulangan COVID-19 di Indonesia yang saat ini sudah revisi 4, yang dianjurkan untuk physical distancing ialah Orang Tanpa Gejala (OTG); dalam hal ini, OTG merupakan seseorang yang tidak bergejala namun memiliki risiko tertular karena kontrak erat dengan pasien yang terkonfirmasi COVID-19 (mis. Nakes yang merawat pasien).  Tentunya, jika OTG ini di rumah memiliki kerabat/keluarga, pada akhirnya perlu menjaga jarak. Saya rasa pasti ada beberapa kendala, tetapi dilihat dari sisi positifnya, intinya ialah pencegahan penularan lebih lanjut. Terlebih, kalau di rumah ada orang-orang yang rentan jika terkena infeksi tersebut. Kira-kira bagaimana menurut pandangan Dokter?

 

Berikut saya lampirkan revisi ke-4 pedoman penanggulangan COVID-19 di Indonesia, ya Dok semoga bermanfaat. 

REV-04_Pedoman_P2_COVID-19_ 27 Maret2020_Tanpa TTD.pdf.pdf
29 Maret 2020, 13:33
Terima kasih dok atas informasi yang diberikan
29 Maret 2020, 14:45
Terimakasih dr Ayu atas infonya.