Pasien wanita hamil G3P2A0 dengan hasil pemeriksaan HbsAg reaktif setelah non reaktif pada 2 bulan sebelumnya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok.Mohon ijin untuk berdiskusi. Wanita hamil G3P2A0, UK 37-38 minggu, berencana SC untuk persalinan selanjutnya. Saat di RS dilakukan pengecekan darah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita hamil G3P2A0 dengan hasil pemeriksaan HbsAg reaktif setelah non reaktif pada 2 bulan sebelumnya

    03 November 2020, 07:58

    Alo dok.

    Mohon ijin untuk berdiskusi. Wanita hamil G3P2A0, UK 37-38 minggu, berencana SC untuk persalinan selanjutnya. Saat di RS dilakukan pengecekan darah ulang dan didapatkan hasil HbsAg reaktif.

    Padahal sebelumnya, 2 bulan sebelumnya, saat usiq kehamilan 31-32 minggu, telah dilakukan pemeriksaan ANC terpadu di puskesmas dan hasilnya saat itu HbsAg non-reaktif.

    Apakah yang menyebabkan perbedaan hasil ini? Apakah dari segi alat yang digunakan atau apa ya dok?

    Terima kasih.

03 November 2020, 09:31

Alo dr. Nia, 

Berdasarkan The American Congress of Obestetric and Gynecology merekomendasikan setiap wanita hamil untuk melakukan skrining Hepatitis B. Pemeriksaan skiring yang dianjurkan adalah HBsAg dan Anti-HBs, jika keduanya negatif, pasien dianjurkan untuk vaksin hepatitis B. 

Namun, jika pada HbSAg positif, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan konfirmasi HBV DNA, ALT, HBeAg dan Anti-HbE.  Walaupun pada jurnal ini tidak dibahas meengenai perubahan status pasien. 

Hal ini pun serupa dengan WHO. jika test HBsAg positif, lakukan tes konfirmasi infeksi HBV (HBV DNA). 

Sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5075007/ ; 

https://www.who.int/hepatitis/publications/guidelines-hepatitis-c-b-testing/en/

 

 

 

 

06 November 2020, 16:56
Alo Dokter,Mungkin metode pemeriksaan berbeda, krn bisa melaui rapid test atau enzim immunoassay, saya kurang tahu pemeriksaan di puskesmas tapi biasanya sih menggunakan rapid test CMIIW. Kemungkinan lain apakah ibu baru saja terinfeksi?
Sebagai tambahan, pada bayi yang baru lahir dari ibu hepatitis B, direkomendasikan agar diberikan vaksin Hep B dan HBIG (paling baik dalam 24 jam pertama kehidupan bayi), teruskan vaksinasi Hep B sesuai jadwal dan periksa kadar HbsAg dan Anti Hbs minimal pada usia 9 bulan.