Pemeriksaan oftalmologi di pandemi COVID-19 - Mata Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr. M. Sidik, Sp.M(K), mohon ijin bertanya untuk penanganan pasien oftalmologi layanan primer di tengah pandemi sekarang ini dimana pemeriksaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemeriksaan oftalmologi di pandemi COVID-19 - Mata Ask The Expert

    05 Mei 2021, 09:46

    Selamat pagi dr. M. Sidik, Sp.M(K), mohon ijin bertanya untuk penanganan pasien oftalmologi layanan primer di tengah pandemi sekarang ini dimana pemeriksaan mata perlu untuk jarak dekat antara dokter dan pasien, mohon arahan apakah pasien perlu swab antigen dahulu sebelum pemeriksaan oftalmologi tatap muka atau ada yang bisa dilakukan via telemedisin? 

    banyak terima kasih dokter

05 Mei 2021, 10:50
dr. Muhammad Sidik
dr. Muhammad Sidik
Dokter Spesialis Mata

Terima kasih dr Andi Marsali untuk pertanyaannya.

Pada saat Pandemi Covid - 19 seperti sekarang ini, yang terpenting adalah dengan mengikuti protokol kesehatan yang sesuai untuk tingkat pelayanan. 

Pemeriksaan oftalmologi tetap dapat dilakukan di poliklinik rawat jalan dengan penggunaan APD yang tepat, biasanya APD level 2 sudah dianggap cukup. Pemeriksaan swab antigen hanyak dilakukan bila pasien akan dilakukan tidakan lebih lanjut.

Untuk lengkapnya sejawat bisa melihat Panduan Pelayanan Mata di Era Pandemi Covid - 19 yg dikeluarkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) di website Perdami (perdami.or.id).

Terima kasih.