Perlukah pemberian probiotik pada BV? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam TS semua!Tadi saya sempat membaca sekilas artikel di alomedika mengenai pemberian probiotik pada BV. Di artikel tersebut dikatakan bahwa bukti...

Diskusi Dokter

  • Perlukah pemberian probiotik pada BV?

  • Selamat malam TS semua!



    Tadi saya sempat membaca sekilas artikel di alomedika mengenai pemberian probiotik pada BV. Di artikel tersebut dikatakan bahwa bukti klinis yang ada masih memiliki berbagai keterbatasan studi, namun efek samping atau adverse event penggunaan probiotik pada BV juga belum pernah dilaporkan sehingga sepertinya masih sah-sah saja digunakan sebagai adjuvan.



    Saya sendiri di praktik sering ditanyai oleh pasien mengenai hal ini. Apalagi produk probiotik sediaan liquid untuk cuci vagina mudah sekali didapat. Selama ini saya masih menyampaikan kepada pasien bahwa penggunaannya oke-oke saja asal tidak berlebih-lebihan. Terus terang, saya menjawab demikian karena saya sendiri pernah disarankan untuk menggunakan produk probiotik (seperti Lact****) oleh TS Obsgyn. Pertanyaan saya, kalo menurut TS sekalian bagaimana? Apakah sudah ada dasar yang cukup bagi kita untuk bilang "oke" kalo pasien menanyakan perihal penggunaan probiotik pada BV? Ataukah sebaiknya kita menganjurkan pasien untuk menghindari penggunaannya??



    Terimakasih srbelumnya, TS!

    Malam dr. Bedry,

    Sy sendiri tdk menemukan byk info mengenai ini, bbrp lieratur yg sy baca masih mengatakan bhw penggunaan probiotik tdk memiliki nilai terapi dlm mencegah rekurensi BV, dibutuhkan pembuktian apakah probiotik bs memberi efek baik jk diberikan selama pengobatan atau setelahnya, jd utk penggunaan probiotik sptnya mmg prl penelitian lanjutan ya dok.

    https://www.uptodate.com/contents/bacterial-vaginosis-beyond-the-basics

    Maaf tdk byk membantu, dktr2 lain mgkn ad masukan atau pengalaman dlm prakteknya spt apa, monggo di share. Terimakasih.