Peresepan obat seperti apa yang dianjurkan untuk diberikan melalui telemedicine - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo semuanya terkhusus tim AlodokterSaya concern terkait komplain pasien yg tidak bisa menerima resep untuk kedua kalinya oleh karena sudah konsul dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Peresepan obat seperti apa yang dianjurkan untuk diberikan melalui telemedicine

    23 Juni 2020, 23:39

    Alo semuanya terkhusus tim Alodokter


    Saya concern terkait komplain pasien yg tidak bisa menerima resep untuk kedua kalinya oleh karena sudah konsul dan mendapat resep sebelumnya

    Sebagian dokter tetap menulis sebagai chat biasa, walau obat keras, sebagian tetap pd jalur utk tidak meresepkan..

    Sebagian pasien mmg konsul utk second opinion, sebagian mmg ada 2 konsul permasalahan yg berbeda, sebagian satu akun utk bbrp orang


    Bagaimana penyelesaiannya ya? Tks

24 Juni 2020, 07:28
Alo Dokter,

Benar sekali Dok, untuk peresepan saat ini 1 user hanya bisa mendapatkan 1 resep dalam 1 hari dengan pertimbangan keamanan dan meminimalisasi terjadinya penyalahgunaan. Bila user yang sudah mendapat resep berkonsultasi dengan Dokter, Dokter dapat memberikan edukasi sesuai rules dan guideline Alodokter. Bila memang user harus segera mendapatkan resep bisa dianjurkan user untuk segera memeriksakan dirinya ke dokter. Bila tidak, Dokter dapat mengedukasi user untuk berkonsultasi kembali di esok hari. Semoga membantu Dok.
24 Juni 2020, 12:02
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Alo Mba Lidya❤

Untuk kasus2 spt ini mmg akhirnya kita ttp mengedukasi pasien untuk konsul dihari yg berbeda

Atau

bila membutuhkan resep segera saya menganjurkan pasien untuk membuat akun baru dan buka room chat baru spy resep bisa didapat hari itu juga.
24 Juni 2020, 13:42
Sebaiknya pada app alodokter user hal ini disebutkan, sehingga user mengerti dan dokter tidak disalahkan ya..
krn masalah ini tidak hanya sekali dua kali dan berulang terus, tks
24 Juni 2020, 14:14
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Benar mmg sayangnya user tdk tahu jd hrs dokter yg menginfokan.
24 Juni 2020, 16:55
Alodokter
Ijin ikut urun rembug. 
Saya sangat setuju dengan saran sejawat. Saya juga beberapa kali mendapatkan pasien yang sudah sempat konsul sebelumnya pada hari yang sama pada dokter yang berbeda dengan keluhan berbeda. Dan saat saya akan meresepkan tidak bisa karena pasien sudah sempat dapat resep sebelumnya. 
Menurut saya akan tidak adil bila pasien hanya mendapat jatah satu kali resep pada satu hari, namun pasien tetap dapat melakukan konsultasi selanjutnya dengan biaya yang sama. Kalau saya jadi pasien akan merasa rugi. Sudah bayar tapi tidak bisa dapat resep sesuai kebutuhan karena tidak ada jatah.
Seharusnya kalau memang sudah tidak bisa dapat resep lagi ya sekalian tidak perlu bisa konsul lagi. Agar adil utk pasien. Itu menurut saya. 
Terima kasih. 
24 Juni 2020, 17:19
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Saya melihat resep ini mmg merupakan privilige di era COVID ini, krn sebenarnya pasien membayar konsultasi jauh di bwh tarif yg ditetapkan IDI krn mmg dilakukan tanpa tatap muka.

Mgkn ini salah satu alasan mengapa pemberian resep dibatasi hanya 1x/hr/user oleh pihak managemen Alodokter.

Namun baiknya, perihal ini disosialisasikan ke pengguna aplikasi/mgkn baiknya muncul didisclaimer bila sdh pernah konsul maka konsultasi berikutnya tdk bs mendapat resep.