Perempuan 48 tahun dengan gangguan BAK - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pasien saya, perempuan 48 tahun dengan keluhan utama BAK tidak terasa, pampersnya basah terus, sudah 2 minggu, dialami sejak jatuh terpeleset di lantai....

Diskusi Dokter

11 April 2020, 19:16

Alo dr. Fahmi, izin bantu menjawab Dok. 

Keluhan BAK tidak terasa atau inkontinensia urin berarti dialami setelah trauma ya, Dok? Keluhan lain seperti kelemahan anggota gerak bawah juga tidak ada ya, Dok? Apakah sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan penunjang?

Jika dilihat dari riwayatnya mengarah kemungkinan gangguan sistem saraf otonom akibat trauma ya, Dok. Mungkin bisa dipastikan dulu memang tidak ada penyebab lain yang mendasari selain dari riwayat trauma. Kemudian bisa diambil kemungkinan cedera pada saraf tulang belakang yang menyebabkan neurogenic bladder disorder, yang salah satu gejalanya adalah tidak dapat menahan BAK. 

Beberapa kondisi kelainan tulang belakang yang menyebabkan neurogenic bladder yakni spinal cord injury, namun biasanya keluhan juga disertai kelemahan atau kelumpuhan dibawah level tulang belakang yang terkena, atau pun kondisi lain seperti cauda equina syndrome. (https://www.spineuniverse.com/conditions/spinal-disorders-may-cause-neurogenic-bladder-disorder-or-dysfunction)

Mungkin selanjutnya bisa dievaluasi dari pemeriksaan penunjang untuk kondisi post trauma dan memastikan kondisi tulang belakang atau pun tulang pelvis. Kemudian selanjutnya bisa dirujuk ke dokter spesialis saraf atau bedah saraf agar bisa dievaluasi lebih lanjut.

Semoga membantu Dok, jika ada TS lain yang ingin menambahkan silahkan.

CMIIW. Terima kasih.

11 April 2020, 19:44
Alo dr. Olvy. Terima kasih atas tanggapannya. Pada pemeriksaan saya tdk menemukan kelemahan anggota gersk bawah. Sudah pemeriksaan ro vertebra lumbalis dan pelvis tanpa kelainan dok. Kemungkinan keluhan ini berkaitan dengan trauma saat jatuh, karena sebelum itu, pasien bisa BAK normal.
Apakah memang spinal cord injury tertentu bisa hanya menunjukkan gangguan BAK seperti ini dok?
12 April 2020, 06:08
dr.Novie Diyah Nuraini, Sp.N
dr.Novie Diyah Nuraini, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
Kadang trauma spinal cord tidak harus menunjukkan gejala motorik dok, tergantung level yg terkena, dan proses trauma nya. Apakah ada keluhan gangguan sensasi sendorik? misalnya rasa baal? atau hipohidrosis(kulit kering?) Selain itu, Kadang kelainan tidak tampak pada pemeriksaan foto radiologis.. Bisa disarankan untuk pemeriksaan neurofisiologi, misalnya SSEP.