Pasien perempuan usia 20 tahun dengan sesak disertai takikardi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Perempuan 20 thn MRS dengan keluhan sesak dengan riwayat minum obat neo nafasin 1 jam sebelumnya. Saat masuk RS pasien tampak sesak dan keringat. Pasien cuma...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien perempuan usia 20 tahun dengan sesak disertai takikardi

    15 Juli 2022, 10:04

    Perempuan 20 thn MRS dengan keluhan sesak dengan riwayat minum obat neo nafasin 1 jam sebelumnya. Saat masuk RS pasien tampak sesak dan keringat. Pasien cuma makan bubur 3 sendok 5 jam lalu sehingga kurang nafsu makan.

    Riwayat post terapi malaria 1 mgu lalu. Pasien tampak panik karena baru pertama kali pasang infus di RS.

    KU: CM

    T:116/67 mmhg, saturasi 96 %, HR fluktuatif di kisaran 150-250 ×/m pada monitor.

    Th: Rh-/-, wheezing -/-, retraksi -, BJ I dan II normal, bising -. 

    Abd-Extremitas: dbn

    Terapi : vagal manufer, pasang oksigen 2 l/m, IVFD NaCL 7 gtt/m dan observasi vital sign.

    Apakah perlu pemberian penyekat beta ?

    Apakah termasuk takikardi mengancam jika pasien mengeluh sesak yg tdk khas ? Krn pemeriksaan fisik tdk ditemukan tanda2 sesak secara klinis.

    Mohon sharing knowledge sejawat sekalian...🙏🙏🙏

15 Juli 2022, 10:27
Alo dokter, dari hasil EKG apakah mengarah ke AFRVR?
15 Juli 2022, 10:29
EKG dbn dok...👍
15 Juli 2022, 10:45
Perlu sy rasa utk pemeriksaan EKG
15 Juli 2022, 10:51
Kalau dari HR >150 sudah bisa disebut Takiaritmia, bisa dilihat regularitasnya dari EKG. Kalau memang mengarah ke AFRVR bisa dipertimbangkan dulu Digoxin sebagai penanganan awal dan selanjutnya konsultasi ke spesialis penyakit dalam atau spesialis jantung
15 Juli 2022, 11:28
Trimakasih dok
15 Juli 2022, 11:05

ALO Dok, saya ikut berdiskusi yah. Sebelumnya, menurut saya perlu ditelusuri apakah pasien memiliki riwayat asma atau sesak nafas sebelumnya. Ini terkait obat Neo Napacin yang dikonsumsi pasien yang biasanya dikonsumsi oleh pasien dengan asma. Saya juga pernah membaca bahwa Teofilin dapat menyebabkan efek samping peningkatan denyut nadi, sehingga bisa saja ini merupakan efek dari konsumsi Neo Napacin yang mengandung Teofilin dan Efedrin. Namun idealnya dalam menentukan apakah takikardi berbahaya atau tidak harus dipastikan dengan pemeriksaan EKG untuk melihat apakah ada aritmia. Terimakasih dok.

 

15 Juli 2022, 11:28
Trimakaaih dok, salam hormat....🙏🙏
15 Juli 2022, 11:42
Alo dok, betul dok evaluasi ulang ecg nya, kalau heart rate 150-250 jelas tidak normal, paling tidak itu adalah suatu sinus takikardi. AF RVR seperti yang disebutkan juga sangat mungkin melihat nadi nya irreguler, lalu juga dilihat dok bagaimana lebar QRS kompleks nya karena bisa jadi berhubungan dengan sumber takikardi nya. Obat yang diminum pasien juga selain mengandung teophylline juga mengandung ephedrine dimana dia juga bekerja di beta 1.
Segera dilakukan rate control dok sambil dicari penyebabnya, jangan lupa disingkirkan dulu penyebab extracardiacnya(hypoxia? Hypovolemia? Kelainan kalium? Hipertermi? Acidosis? Dll)
Rate control dipilih sesuai sumber aritmia nya ya dok,  kalau bingung bingung pakai amiodarone dok bila hemodinamik stabil(hati hati penggunaan amiodarone karena bekerja juga di reseptor alpha dan beta serta sifatnya yang non kompetitif)
15 Juli 2022, 11:49
Siap dok....Trimakasih