Indikasi pemberian zat besi untuk pasien dengan anemia defisiensi besi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Apakah ada perbedaan kecepatan koreksi Hb antara pemberian Ferro sulfat, ferro fumarat, atau ferro glukonat pada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Indikasi pemberian zat besi untuk pasien dengan anemia defisiensi besi

    03 November 2019, 07:23

    Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. 


    Apakah ada perbedaan kecepatan koreksi Hb antara pemberian Ferro sulfat, ferro fumarat, atau ferro glukonat pada pasien anemia defisiensi besi dok? 


    Lalu, apakah ada perbedaan indikasi untuk pemberian masing masing jenis zat besi tersebut? 


    Atas sharing ilmunya saya ucapkan terimakasih ya dok 🙏

03 November 2019, 17:51

Alodokter, izin urun berdiskusi.

Tablet besi umum yang sering ditemui di praktik sehari-hari adalah golongan garam ferro (ferro sulphate, ferro fumarat, dan gulcanate) dalam beberapa studi terakhir menunjukkan telah terbukti dalam proses koreksi Hb dalam kasus pasien ADB maupun kasus penyakit defisiensi besi akibat perdarahan lain, ataupun berhubungan dengan faktor resiko ibu hamil dan wanita muda yang rentan akan kehilangan zat besi dalam tubuh.

Dari hasil penelitian, studi perbadingan yang dilakukan di UK(Inggris) melalui jurnal SciFarm 2013 menyatakan bahwa jenis besi sulphate terlihat untuk bioavailibitas tergolong lebih tinggi efikasi nya dalam absorpsi oral pd tubuh dibandingan garam ferro lain (fumarate dan gluconate).

Bisa di lihat di Jornal oral iron study comparison.

Untuk indikasi pemberian tiga jenis ferrous suplemen ini sebenarnya sama saja dokter. Hanya tergantung dari kondisi pasien serta ketersediaan suplemen besi di faskes sehari-hari dok. Studi lain menunjukkan bahwa kontraindikasi jika ada perdarahan GI tract nya dalam hal pemberian besi karena terjadi gangguan absorpsi besinya. Indikasi jenis garam ferro lain pun tergantung dari segi hipersensitivas pasien terhadap ketiga jenis suplemen ini. CMIIW

https://www.alomedika.com/obat/obat-yang-mempengaruhi-darah/antianemi/ferrous-sulfate/indikasi-dan-dosis