Perawatan pasca apendektomi laparoskopi - Bedah Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Irene, SpB.. untuk luka operasi apendektomi laparoskopi apakah tetap harus tidak boleh kena air selama 5 hari? Apakah tetap diberikan...

Diskusi Dokter

02 Maret 2022, 12:15
dr.Irene Stephanie, Sp.B
dr.Irene Stephanie, Sp.B
Dokter Spesialis Bedah

Alo Dokter, ijin menjawab.
Prinsip perawatan luka post operasi laparoscopy dan luka jahitan lainnya adalah sama, karena tekhnik menjahit kurang lebih sama (umumnya jahitan kulit subkutikuler), hanya ukuran luka saja yang lebih kecil.
Bisa dilakukan perawatan luka tertutup seperti halnya operasi daerah perut lain secara tertutup dengan rutin mengganti balutan dan melakukan evaluasi luka tiap 3 hari sampai 7-10 hari kemudian dirawat terbuka dengan diolesi salep. 
Pada kasus pasien usia anak-anak bahkan bisa lebih lama ditutup jika anak tidak kooperatif (usia terlalu kecil) dimana jika dirawat terbuka cenderung sering tergaruk-garuk.
Operasi appendectomy untuk kasus appendicitis akut non perforata adalah jenis operasi clean contaminated, jadi baik melalui prosedur terbuka maupun laparoskopi tetap memerlukan antibiotik profilaksis. Sedangkan kasus appendicitis perforasi diberikan antibiotik terapeutik.
Demikian Dokter, kiranya dapat membantu.