Penyebab munculnya vesikel kulit pada pasien CAP (Community Acquired Pneumonia) - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi TS, Beberapa hari ini saya ada ketemu satu kasus seorang laki-laki usia 38 tahun yang dalam masa penyembuhan pneumonia (CAP), belakangan...

Diskusi Dokter

  • Penyebab munculnya vesikel kulit pada pasien CAP (Community Acquired Pneumonia)

  •   Fathir M
    Anggota

    Selamat pagi TS,

    Beberapa hari ini saya ada ketemu satu kasus seorang laki-laki usia 38 tahun yang dalam masa penyembuhan pneumonia (CAP), belakangan ditemukan adanya ruam pada perut kirinya seperti terlihat pada foto, setelah diperiksa ternyata berupa vesikel dengan dasar yang kemerahan. Apakah ini varicella zoster atau efek samping obat ya? Dan apa terapi yang tepat untuk saya berikan?


    Terimakasih

      Willy
    Anggota

    Lebih menjurus ke herpes zoster ya dok, cuma di gambar vesikelnya ga terlalu terlihat ya dok. Kalau erupsi obat biasanya nyebar lesinya, kalau ini lebih kepada lesi dermatom. 

    Kalau untuk terapi, bila sesuai herpes zoster, bisa diberikan acyclovir sama pain killer dok. Consider steroid juga dok, cuma masih kontroversi. 


    Terima kasih..

     

      aLni
    Anggota

    Kalau dari fotonya, rash sesuai dengan varicella zoster ya dok, gerombolan vesikel dengan dasar eritema, melibatkan 1-2 dermatome dan tidak melewati garis tengah (namun perlu dicek kembali dari pemeriksaan fisiknya). Herpes simplex juga bisa punya lesi yang mirip-mirip seperti itu.

     

    Untuk terapinya bisa dipertimbangkan antiviral dok, paling efektif jika diberikan 72 jam setelah onset. Kalau kortikosteroid masih kontroversial ya dok.

    Semoga membantu.

    Terimakasih