Penyaranan OTC dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo TS Freelance Interactive Medical Advisor,Sebagaimana Dokter ketahui, bahwa resep dalam Chat Bersama Dokter dapat digunakan untuk obat-obatan baik...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyaranan OTC dalam Chat Bersama Dokter

    03 September 2021, 19:04

    Alo TS Freelance Interactive Medical Advisor,

    Sebagaimana Dokter ketahui, bahwa resep dalam Chat Bersama Dokter dapat digunakan untuk obat-obatan baik berlabel hijau, biru maupun merah serta non-label yang tersedia dalam katalog e-farmasi. Bagi TS dokter umum/GP, tentu tidak asing dengan penyaranan obat label hijau/OTC yang dituliskan dalam chat. Namun, demi aspek legalitas peresepan, apabila saran obat berasal dari Dokter atau Dokter hendak menyelaraskan edukasi dengan kesimpulan chatbot. Maka, obat label hijau/OTC perlu diberikan dalam bentuk resep dan tidak lagi dituliskan dalam chat.

    Penyaranan obat-obatan juga tetap mengutamakan aspek keamanan, yaitu dengan menanyakan precautions terlebih dahulu. Seperti, pemastian identitas, riwayat alergi obat, kondisi hamil/menyusui (jika wanita) dan obat-obatan lain yang sedang dikonsumsi. Dalam hal ini, Dokter perlu menunggu respons user sebelum melanjutkan persepan, karena tujuannya adalah untuk menapis tingkat keamanan pemberian obat. Apabila tidak terbalas oleh pasien/user, maka saran yang dokter tekankan sebelum menutup chat ialah dari segi non-medikamentosa. Tidak lupa, dijelaskan bahwa peresepan tidak bisa dilanjutkan karena belum ada balasan atas pertanyaan sebelumnya.

    Apabila ada kondisi-kondisi yang Dokter hadapi dan belum tercantum dalam list QnA tim QC. Mari kita diskusikan dalam thread ini ya dok!

03 September 2021, 19:43

Alodokter,

Baik dokter, terima kasih informasinya 🙏🏻

04 September 2021, 05:54
Baik dok..  Terima Kasih informasinya...
04 September 2021, 07:28
dr.Nur Abadi
dr.Nur Abadi
Dokter Umum
Berarti bila tdk ada respon/jawaban dari pasien tdk perlu menuliskan resep.tks
04 September 2021, 09:12
Terima kasih informasinya dok. Izin bertanya, bila seandainya user sudah diresepkan 3 jenis obat (mukolitik, antihistamin, dan antibiotik), bolehkah kita hanya menyebutkan sisa obat seperti antipiretik seperti paracetamol saat demam dan rekomendasi suplemen vitamin C,D, dan zink hanya dari chatnya saja dok?
17 September 2021, 15:39
Alo dr. Ayu, memang baiknya utamakan 3 obat sesuai keluhan terlebih dahulu, namun jika sarannya bukan obat label keras, bisa dokter sarankan agar user tambahkan sendiri saat checkout, tetapi petunjuk penggunaan merujuk pada kemasan obatnya. Hal ini berlaku untuk chat yang diresepkan ya dok.
17 September 2021, 15:43
Terima kasih dok 🙏
17 September 2021, 22:31
Tidak boleh dok.. meskipun paracetamol, probiotik dll pun juga tdk boleh ditulis di kolom chat.. demikian yg disampaikan oleh tim alodok..😅😅
04 September 2021, 13:14
siap dokter
05 September 2021, 07:47
dr.Des Yetty Syahril, SpPD ,FINASIM
dr.Des Yetty Syahril, SpPD ,FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Baik dokter, terimakasih infonya
05 September 2021, 08:45
Makasih informasinya ,sangat bermanfaat