Pentingnya Pemberian Informasi Mengenai Warning Sign - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter!!Dalam setiap konsultasi di Chat Bersama Dokter, Alodokter selalu mengharapkan dokter dapat memberikan informasi yang mumpuni dan relevan dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pentingnya Pemberian Informasi Mengenai Warning Sign

    07 April 2020, 11:27

    ALO Dokter!!


    Dalam setiap konsultasi di Chat Bersama Dokter, Alodokter selalu mengharapkan dokter dapat memberikan informasi yang mumpuni dan relevan dengan kondisi pasien. Salah satu informasi yang cukup krusial diberikan, apalagi dengan kondisi pandemi COVID 19 saat ini, adalah pemberian informasi mengenai warning sign (tanda bahaya). Tanda bahaya yang dapat diinformasikan dapat berupa kondisi atau keadaan yang memang memerlukan pemeriksaan atau tatalaksana lebih lanjut dari dokter dan bila ditunda dapat berbahaya bagi pasien. Mengapa informasi mengenai warning sign menjadi sangat penting ? Saat ini semua pihak diharapkan mampu untuk meminimalisasi aktivitas di luar rumah termasuk ke pelayanan kesehatan. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh kepada proses konsultasi dan rekomendasi yang dokter berikan kepada pasien dalam setiap konsultasi. Dimana diharapkan lewat anamnesis yang cukup, dokter dapat menilai apakah saat ini pasien dalam kondisi yang masih dapat menunda atau terdapat tanda kegawatdaruratan yang mengharuskan pasien untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna diagnosis maupun terapi.


    Dan warning sign menjadi hal yang harus diinformasikan kepada pasien terutama saat dokter memberikan rekomendasi kepada pasien untuk menangani keluhannya sementara dengan home management tertentu. Dengan adanya informasi mengenai warning sign diharapkan pasien dapat lebih waspada terhadap kondisi atau keadaan berbahaya juga mengetahui waktu yang tepat untuk memeriksakan dirinya ke dokter.



    Bagaimana menurut sejawat dokter sekalian tentang pentingnya menginformasikan mengenai tanda bahaya dalam sebuah konsultasi? Atau teman sejawat memiliki pengalaman menarik mengenai hal ini?

07 April 2020, 12:58
Baik dok 😊
07 April 2020, 13:27
Baik dok
07 April 2020, 14:01
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Izin share pengalaman dok,

Di bidang psikiatri saya beberapa kali menemukan pasien yang chat dengan keluhan berupa: keinginan menyakiti diri, bunuh diri ataupun keinginan menyakiti orang lain, termasuk menurunnya fungsi melakukan kegiatan sehari2 terutama untuk kegiatan yg krusial (misalnya sudah tidak lagi mau makan, tidur atau bahkan tidak lagi bisa keluar kamar), ataupun kekambuhan gejala...

Di bidang psikiatri sendiri, kondisi demikian merupakan warning sign agar si pasien cepat mendapat pertolongan medis bahkan perawatan. Dan biasanya saya mengajak si pasien untuk mengenali tanda2 tersebut sebagai bentuk kegawatdaruratan yang perlu penanganan segera.🙏

Terkadang saya juga mengajak pasien untuk memberitahukan kondisinya atau meminta pertolongan orang terdekat untuk dibawa berobat jika memungkinkan 🙏

Semoga sharing ini bermanfaat🙏
07 April 2020, 17:14
Terima kasih sharingnya ya dok 🙏. Sangat bermanfaat sekali. Jadi tahu kondisi di bidang psikiatri yang merupakan tanda kegawatdaruratan agar kita dapat menggali lebih lanjut saat ada keluhan ke arah bidang psikiatri dan bagaimana approach ke pasien agar segera mencari pertolongan bila merasakan gejala tersebut.
07 April 2020, 17:38
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Hehe ngeri juga ya dok,
Semangaat dok 💪
07 April 2020, 14:41
dr.Shintabudiarti
dr.Shintabudiarti
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Sore dokter
07 April 2020, 15:31
Ya Dok, Saya setuju, pada situasi saat ini seringkali user lebih baik menahan sakit di rumah daripada harus periksa ke dokter, padahal situasinya bisa saja memang berat. Pada user ini selalu Saya ingatkan untuk tenang dan tidak panik serta selalu mengikuti anjuran untuk pakai masker, jaga jarak aman, menjaga etika batuk/bersin, rajin cuci tangan dan tidak menyentuh wajah. 
07 April 2020, 17:16
Setuju dok.  Sangat baik sekali ya dok bila kita mengedukasi pasien cara yang aman untuk ke pelayanan kesehatan bila menemui warning sign yg memang mengharuskan pasien ke dokter 
07 April 2020, 17:37
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Alodokter

Saya rasa dan saya harap di tengah covid 19 ini semua TS sudah menyampaikan warning sign sesuai kolegium masing-masing dengan bahasanya sendiri-sendiri tentu yang mudah dipahami oleh pasien dan user.

Salam 🙏
07 April 2020, 18:18
07 April 2020, 17:37
Alodokter

Saya rasa dan saya harap di tengah covid 19 ini semua TS sudah menyampaikan warning sign sesuai kolegium masing-masing dengan bahasanya sendiri-sendiri tentu yang mudah dipahami oleh pasien dan user.

Salam 🙏
Betul. Setuju dok.

Penting menyampaikan warning sign sebagai alarm utk pasien juga kapan harus mencari pertolongan darurat. 

Hal ini juga secara natural dilakukan apalagi sejak pandemi, banyak user yang pun mengeluhkan ke saya bahwa banyak klinik gigi yang tutup bahkan menelepon ke RS tapi poli gigi tutup. 
Betul memang muncul kekhawatiran dari para user, antara dirumah tpi takut yg dialami ini bahaya dan juga takut keluar rumah krn ada wabah COVID19. 


Semoga situasi ini segera pulih dan segera bisa beraktivitas normal kembali 🙏


Terimakasih untum sharingnya juga para dokter disini 🙏
07 April 2020, 20:36
Terima kasih infonya dok