Penis bengkak dan melepuh akibat minyak pembesar penis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi para dokter, izin konsultasiPasien usia 34th, dtg dengan keluhan penis melepuh setelah diberikan minyak ramuan pembesar penis.Untuk komposisinya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penis bengkak dan melepuh akibat minyak pembesar penis

    27 Maret 2019, 09:00

    Selamat pagi para dokter, izin konsultasi

    Pasien usia 34th, dtg dengan keluhan penis melepuh setelah diberikan minyak ramuan pembesar penis.

    Untuk komposisinya tidak diketahui pasti.

    Saat datang kondisi penis melepuh, seperti gambar, terasa nyeri, panas seperti terbakar. Kencing tidak ada masalah

    Ingin meminta pendapat dokter, untuk kemungkinan diagnosis dan penanganan yang tepatnya

    Terima kasih

27 Maret 2019, 09:40
Alodokter.
Jika sebelumnya ada riwayat kontak dengan bahan kimia (kemungkinan bersifat iritan) kemungkinan diagnosa yang mungkin adalah DKI ya dok.

Sebaiknya di stop pemakaian minyak nya.

Bisa dibersihkan dan kompres nacl 0.9 persen.

Pemberian kortikosteroid topikal ataupun oral dan antihistamin bisa diberikan.

Kie tentang penggunaan bahan2 kimia tidak tau kandungannya. Sebaiknya tes alergi dlu sebelum menggunakan bahan2 tersebut.
27 Maret 2019, 10:22
Baik, terima kasih dokter atas masukannya, untuk kassa nacl, antihistamin dan kortikosteroid sudah diberikan dokter
27 Maret 2019, 09:41

Alo dokter!

Kalau dari gambarnya memang terlihat kulit penis yang melepuh seperti luka bakar setempat, Dok... biasanya ditangani dengan cara konservatif terlebih dahulu, seperti pada perawatan luka bakar lainnya, pemberian antibiotik topikal, silver sulphadiazine dan rawat luka serta ganti perban setiap hari biasanya akan memberikan hasil yang baik. Jika setelahnya amsih ada jaringan nekrotik maka dilakukan debridemen dan jika ada jaringan parut, penyembuhnan yang lama atau kelainan kulit, disarankan untuk dilakukan skin grafting. CMIIW, mungkin ada rekan-rekan sejawat lain yang bisa menambahkan

 

Selengkapnya bisa dibaca pada sumber berikut, Dok..

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1442-2042.2010.02605.x 

 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3188107/

27 Maret 2019, 10:22
Baik, terima kasih banyak dokter atas masukan dan jawabannya
27 Maret 2019, 09:51
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Berdasarkan keterangan dan foto tsb, kondisi ini bisa digolongkan ke dalam kategori penile soft tissue injury (baik itu infeksi, luka bakar, trauma jaringan lunak). Prinsip umum penanganan pada kasus trauma penis yaitu mengembalikan penis ke kondisi semula, mencegah disfungsi ereksi, mencapai bentuk dan panjang penis seperti semula, dan mencapai fungsi berkemih yg normal. 
Penanganan awal utk kasus ini yaitu bersihkan luka dari sisa zat minyak tsb dgn cairan steril dan wound dressing, pemasangan kateter (bila terjadi retensi urine), pemberian antibiotik, drainase abses dan membuang jaringan mati (nekrotomi - debridement).
Semoga bermanfaat! 
27 Maret 2019, 10:23
Baik dokter, terima kasih atas jawaban dan masukannya dokter. Akan saya sarankan untuk perawatan pasien selanjutnya
27 Maret 2019, 11:09
Pada keadaan seperti kasus ini apa mungkin terjadi peyronie disease dok? 
Terima kasih
27 Maret 2019, 17:15
dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ, M.H
dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ, M.H
Dokter Specialis Psikiater
Alo dokter David,
Terimakasih sharingnya, sepertinya kasus seperti ini banyak y dok, yg pada akhirnya juga mampir ke poli Jiwa terutama pada beberapa kasus yg disertai gangguan preferensi seksual.
Semoga rekan2 TS dokter umum juga bisa membantu edukasi mengenai hal ini supaya tidak terus menerus mengenai yg lain atau timbul kasus baru.
27 Maret 2019, 21:04

Terimakasih banyak dok

27 Maret 2019, 14:10
dr. William
dr. William
Dokter Umum
Kasus yg menarik ya dr. Fuad, biasanya kasus2 spt ini memang banyak terjadi di daerah2 yg cukup terpencil, mungkin seperti di Papua, Raja Ampat dan sekitarnya.

Setuju dgn TS lain, dilihat dr riwayat dan gambaran yg ada, keluhannya mengarah ke dermatitis kontak iritan atau luka bakar. Jd bisa diirigasi dulu dengan nacl mengalir, dan bs diberikan silver sulfadiazin ya sbg salah 1 tatalaksana luka bakar. Bs jg diberikan obat anti nyeri lainnya sesuai dgn keluhan pasien.
Selanjutnya utk edukasi yg penting dijaga kebersihan luka dan kekeringannya, agar mempercepat proses penyembuhan dan tidak menimbulkan infeksi sekunder.

Semoga bs membantu. Salam marimoi.
28 Maret 2019, 05:38
Baik, terima kasih sekali dr
William atas masukan dan pendapatnya 😇
27 Maret 2019, 17:35
Kasus yang sangat menarik dok, sependapat dengan TS yg lain mungkin bisa di DD dengan soft tissue injury, DKI, dan penile parafinnoma, walau biasanya laporannya adalah cairan parafin yang digunakan untuk memperbesar penis di beberapa negara,

Untuk tatalaksana awal bisa dilakukan wound dressing, bila tidak ada perubahan mungkin terapi operatif menjadi pilihan dan bisa dirujuk ke dokter bedah

Semoga bisa membantu
28 Maret 2019, 05:39
Baik, terima kasih dokter atas jawaban dari dokter 
27 Maret 2019, 18:57
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo Dokter!

Kasus serupa cukup sering dikonsulkan kepada Spesialis Bedah Rekonstruksi dan Estetik dan ditatalaksana sebagai parafinoma/silikonoma penis. 

Sebagai tatalaksana awal, dapat diberikan antibiotik serta analgetik yang adekuat, drainage apabila terdapat area fluktuatif dilanjutkan dengan perawatan luka. Salah satu opsi tahapan rekonstruksi selanjutnya dilanjutkan dengan eksisi/degloving shaft penis dan defek kemudian ditutup dengan full-thickness skin graft berbentuk spiral.

Tujuan rekonstruksi dalam kasus ini adalah mengembalikan fungsi (berkemih, ereksi) dan tampilan penis (posisi dan ukuran) mendekati normal.

Berikut publikasi Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik terkait penanganan kasus parafinoma penis. 

http://mji.ui.ac.id/journal/index.php/mji/article/view/450/441

Semoga bermanfaat. 

28 Maret 2019, 05:41
Baik dok, tp untuk langkah tersebut, apakah bs dilakukan oleh dokter didaerah dok? Seperti skin graft dok? Atau mungkin untuk pelaksanaan skin graft harus dirujuk ke daerah yang ada dokter bedah plastik dokter?
28 Maret 2019, 05:44
Dan untuk silikonoma, apakah tidak harus disebabkan oleh silikon dokter?
29 Maret 2019, 19:33
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
Dokter Spesialis Bedah Plastik
Terminologi "silikonoma" digunakan untuk kondisi reaksi inflamasi yang timbul oleh benda asing, antara lain silikon cair, namun dapat juga diakibatkan zat cair lain berviskositas tinggi seperti minyak parafin, mineral oil, dsb.

Saran saya, untuk penanganan lebih lanjut, pasien dapat dirujuk ke Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik.
Namun, pasien dapat juga dirujuk ke sejawat Spesialis Bedah Umum apabila di daerah tersebut belum ada Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik.

29 Maret 2019, 20:16
Baik dokter. Terima kasih dok atas ilmunya. Untuk rujuk, pasien sepertinya tidak mau dok, mengingat memang pasien di daerah dok, di pulau
29 Maret 2019, 20:36
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
Dokter Spesialis Bedah Plastik
Baik. Sementara dapat diberikan tatalaksana konservatif dng antibiotik dan analgetik oral serta perawatan luka yang adekuat. Jika inflamasi sudah mereda, dapat dievaluasi untuk menentukan tatalaksana lanjutan.


27 Maret 2019, 22:22
Alo Dokter.
Saya kira itu silikonoma ya.
Minyak apa kah yg membuat luka yg melepuh spt itu, sy coba searching blm temu jawabannya. 
28 Maret 2019, 05:42
Untuk komposisi bahan, pasien juga tidak paham dok, racikan dok, tapi biasanya dari informasi yang ada, yang digunakan sebagai bahan olesan berupa campuran minyak, dan daun daunan dok
28 Maret 2019, 09:11
Paling banyak minyak lintah, tapi memang komposisinya sy cr jg sulit didapat dok. 
01 April 2019, 10:46
Kalau di daerah kami yang umum digunakan adalah kombinasi minyak kemiri kombinasi minyak lintah...
29 Maret 2019, 14:28
Mungkin harus dipastikan dulu...diberikan minyaknya secara di oles atau disuntikan... karena kalau di suntikan memang perlu tindakan pembedahan untuk mebersihkan jaringan2 nekrotik dan membersihkan zat2 yg tersisa.. kalau hanya di oles maka kemungkinan kerusakan hanya di kulit dengan obat2 anti inflamasi seharusnya bisa teratasi...
29 Maret 2019, 20:16
Untuk minyaknya dioles dok. Kondisi sudah lumayan membaik dok, kmrn bulla yang ada dipecah, diberikan kompress kasa, antibiotik, dan kortikosteroid, serta anti alergi
29 Maret 2019, 20:15
Baik dokter. Terima kasih dok atas ilmunya. Untuk rujuk, pasien sepertinya tidak mau dok, mengingat memang pasien di daerah dok, di pulau