apakah penatalaksanaan sifilis boleh di yankes primer? - Diskusi Dokter

general_alomedika

1. bolehkah sifilis kita terapj di layanana primer atau harus rujuk ke layanan sekunder/spesialis??2. jika boleh, terapi yg sebaiknya diberikan apa saja...

Diskusi Dokter

  • apakah penatalaksanaan sifilis boleh di yankes primer?

  • 1. bolehkah sifilis kita terapj di layanana primer atau harus rujuk ke layanan sekunder/spesialis??


    2. jika boleh, terapi yg sebaiknya diberikan apa saja ya?


    terimaksih.

    Malam dok,



    Kebetulan saya ada nemu mengenai 'Pedoman Tata Laksana Sifilis untuk Pengendalian Sifilis di Layanan Kesehatan Dasar' yg diterbitkan oleh Kemenkes, jd sptnya selama fasilitas dan sarananya ada maka bisa diterapi di layanan primer. Untuk lbh lanjutnya bs di baca di link berikut:



    http://siha.depkes.go.id/portal/ims



    Semoga bisa membantu ya dok. Terimakasih.

    sipilis boleh di obati di puskesmas kecuali sipilis stadium 3 yang sudah mengenai saraf, di puskesmas jga ada program penanganan penyakit ims

    dr. juliansyah efriko
    Jul 29, 2018 at 17:58 PM

    1. bolehkah sifilis kita terapj di layanana primer atau harus rujuk ke layanan sekunder/spesialis??


    2. jika boleh, terapi yg sebaiknya diberikan apa saja ya?


    terimaksih.

    hi dr Juliansyah,

    1. Untuk tatalaksana ulkus pada penis disarankan untuk merujuk ke layanan yg masuk dalam program pemerintah / memiliki poli IMS.

    2. Apabila dokter bekerja di faskes yang termasuk dalam program pemerintah dan memiliki Benzatine Penicillin (BP), pasien dapat diobati di tempat dokter bekerja, namun jangan lupa melakukan edukasi dan Provider-Initiated Testing and Counseling (PITC). Apabila pada faskes dokter dapat melakukan pemeriksaan VDRL/TPHA, namun tidak memiliki BP, pasien dapat dirujuk dengan menyertakan hasil tersebut.

    sebagai catatan, tatalaksana infeksi menular seperti sifilis, herpes, GO dan lainnya, tidak cukup hanya dengan pemberian obat. edukasi yang mencakup how to practice safe sex, pemeriksaan pasangan seksual dan pemeriksaan HIV sangat penting dalam menentukan keberhasilan terapi.

    terima kasih