pengobatan sakit pada bayi dengan perantara konsumsi obat oleh Ibu - Diskusi Dokter

general_alomedika

ijin bertanya dok. beberapa hari ini sering mendapatkan user dengan pertanyaan "bolehkan jika bayi saya demam, saya yang mengkonsumsi obatnya dengan harapan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • pengobatan sakit pada bayi dengan perantara konsumsi obat oleh Ibu

    07 September 2018, 07:07

    ijin bertanya dok.

    beberapa hari ini sering mendapatkan user dengan pertanyaan "bolehkan jika bayi saya demam, saya yang mengkonsumsi obatnya dengan harapan obat terlarut lewat asi?"

    saya pikir hal ini salah ya dok.

    tp ironisnya user mendapat saran ini dari tenaga kesehatan (bukan dokter).

    apakah pernah mendapat kasus yg demikian? mhon sharingnya. trimakasih


07 September 2018, 07:22

Alo dr. Jeffry,

Mungkin kita sebagai tenaga kesehatan perlu meluruskan persepsi ini dok. Saat ibu menyusui meminum obat, mungkin memang ada sedikit kandungan obat yang berada di dalam ASI. Tetapi tentu saja jumlahnya sedikit sekali untuk digunakan sebagai dosis terapeutik. Karena seperti yang kita tahu dosis obat pada anak tentu berdasarkan Berat Badan si anak. Jadi kandungan obat yang berada di dalam ASI tentu saja tidak adekuat sebagai terapi. 

Sepanjang saya praktek, jika orangtua kita berikan edukasi seperti ini, biasanya mereka dapat menerima penjelasan ini kok dok.

Terima kasih.

07 September 2018, 07:23

Alo Dok, 

Saya juga pernah mendapatkan beberapa pertanyaan seperti itu dari Pasien, dan selalu saya informasikan bahwa hal tersebut tidak tepat, Dok.... karena memang ada beberapa obat yang ikut terekskresi ke dalam ASI, sehingga terkadang ada beberapa obat yang tidak disarankan untuk diminum oleh Ibu menyusui karena obatnya dapat memberikan efek yang tidak baik untuk anaknya.

Biasanya akan saya tambahkan informasi kepada pasien bahwa jika memang anaknya yang sedang sakit, maka untuk memberikan jenis dan dosis obat yang tepat bagi Anak (yang disesuaikan dengan usia dan berat badan Anak), maka tidak dapat memberikan obat-obatan melalui ASI ibu, melainkan harus langsung diberikan kepada Anaknya secara langsung...

 

07 September 2018, 07:29

Alo dokter Jeffry!

Setuju dengan dr.Shanti dok... Pasiennya diedukasi bahwa kadar obat penurun panas yang masuk ke dalam ASI sangat sedikit dan tidak cukup untuk memberikan efek terapeutik pada si anaknya.

Biasanya pasien menanyakan ini karena anaknya susah minum obat dok. Untuk soal minum obat pada anak emang agak tricky sih ya.. Anak saya sendiri sulit sekali kalo disuruh minum obat. Kalo pengalaman saya, obat saya berikan dari spuit dok, jadi menghindari ada obat tumpah dan pemberiannya tidak makan waktu lama jadi tidak ganggu anak main. Cuma harus hati-hati, diingatkan bhwa arah spuitnya ke lidah anak saja, jangan ke belakang kerongkongan supaya tidak tersedak.

Beberapa teman saya yang ibu-ibu juga terkadang mencampurkan obatnya dalam susu atau makanan bayi.

Semoga membantu yaa dok..

07 September 2018, 07:41
trimakasih masukannya dokter.