Pengobatan pasien CHF+CAD+DM dengan hipotensi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin konsul dok, pasien laki2 usia 63 tahun dg riwayat pengobatan CHF, CAD dan DM dtg ke pkm dengan keluhan lemas, batuk tidak berdahak dan sesak kadang2...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pengobatan pasien CHF+CAD+DM dengan hipotensi

    16 Agustus 2023, 08:31
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Izin konsul dok, pasien laki2 usia 63 tahun dg riwayat pengobatan CHF, CAD dan DM dtg ke pkm dengan keluhan lemas, batuk tidak berdahak dan sesak kadang2 saat beraktivitas.

    Riwayat obat yang dikonsumsi rutin dari poli jantung: spironolakton, furosemid, digoxin dan candesartan 8mg.

    Saat diperiksa TD pasien 90/70

    Mohon advice dok terkait obat rutinnya, apakah smua tetap dilanjut?

    Terima kasih dok ­čÖĆ

16 Agustus 2023, 16:09
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter. Dievaluasi kembali dasar pemberian obat digoxin nya apa, apakah hanya utk HF atau karena mmg ada AF nya. Tapi apapun itu, menurut saya untuk setting rawat jalan dan penggunaan jangka lama sebaiknya hindari digoxin. Sebaiknya diganti dengan betablocker (bisoprolol) saja, yg mmg masuk dalam rekomendasi utama pasien CHF, terlebih ada CAD nya yg pada konteks ini juga dapat berfungsi sbg anti angina. Jikapun ternyata ada AF nya, bisoprolol juga dapat berfungsi sbg rate control. Tapi pastikan pasien tidak dlm kondisi edema paru akut ya dok. Kemudian utk candesartan nya bisa dilanjutkan selama hemodinamiknya masih bisa toleran. Tapi kalo ternyata hipotensi nya sdh bikin keluhan seperti pusing atau bahkan pingsan, sebaiknya diturunkan dosisnya jadi 4 mg atau bahkan distop saja sesuai dengan hasil evaluasi dokter. Demikian juga dgn spironolacton nya, bisa diturunkan dosisnya menjadi 12.5 mg saja bila mmg tidak toleran. Obat lain yg bisa ditambahkan adalah obat golongan SGLT2 inhibitor, tapi mungkin sulit jika di PKM karena mmg belum masuk Fornas BPJS.
16 Agustus 2023, 08:55

ALO Dokter, mungkin sebaiknya status/kondisi CHF, CAD, dan DM pasien dievaluasi kembali dengan pemeriksaan jantung (EKG, echo) dan laboratorium sebelum menghentikan atau mengganti obat.