Penggunaan kawat gigi dan retainer - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokterIzin menanyakan berhubungan dengan pertanyaan user mengenai kawat gigi dan retainer. Umumnya, rata-rata2, pada pasien usia 20-30 tahun, dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan kawat gigi dan retainer

    13 Agustus 2019, 18:31

    Alo dokter


    Izin menanyakan berhubungan dengan pertanyaan user mengenai kawat gigi dan retainer. Umumnya, rata-rata2, pada pasien usia 20-30 tahun, dengan keluhan gigi tidak rata, apabila menggunakan kawat gigi, lalu retainer, idealnya berapa lamakah menggunakan kawat gigi dan retainer? 


    Terima kasih 🙏

14 Agustus 2019, 08:29
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter Andrew!

Lama penggunaan kawat gigi tidak bisa ditentukan. Bervariasi tergantung dari kondisi gigi yang akan dikoreksi. Biasanya sih sekitar 1-3 tahun. Kalau dari yang saya baca sih penggunaan retainer harus sepanjang hari selama 6 bulan setelah kawat gigi dilepas.

Mungkin ada TS dokter gigi, khususnya spesialis ortho, yg bisa memberikan masukan?

14 Agustus 2019, 09:01
Alo dok! 

Penggunaan kawat gigi bervariatif tergantung kasus yang dikerjakan, umumnya berkisar 2 tahun dengan syarat dilakukan kontrol berkala sesuai jadwal. 

Untuk penggunaan retainer sebaiknya selama 6bulan berturut-turut hingga dicapai stabilitas gigi geligi. CMIIW 😊
14 Agustus 2019, 11:24
Sangat bermanfaat infonya Dok. 
14 Agustus 2019, 09:25
14 Agustus 2019, 09:20
Apakah setelah pemakaian kawat gigi dan retainer sesuai jadwal, struktur gigi dapat bertahan seumur hidup dok ? (Bila memang tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan)
Betul dok, prinsipnya melakukan perubahan posisi gigi sesuai lengkung ideal yg diharapkan, setelah itu retainer digunakan guna menunjang stabilisasi dan penyembuhan  tulang rahang shg diharapkan gigi yg sudah menempati posisi barunya dapat dipegang erat dalam tulang. Seharusnya tidak terjadi perubahan lagi setelah seluruh treatment selesai. Namun umumnya, pertumbuhan gigi bungsu (wisdom teeth) yang muncul belakangan setelah perawatan ortho selesai yang mendorong dan cenderung mengakibatkan gigi berantakan lagi 😊
14 Agustus 2019, 09:43
ijin menambahkan dok :)

setuju pendapat TS sekalian mengenai lama pemasangan behel.

dan utk retainer, ini ada pengalaman pribadi aja sih.

sekarang sudah ada retainer permanen (1 garis kawat tipis, tanpa mata behelnya yg titik2) yg di tempel langsung ke bagian dalam gigi (atas maupun bawah). jadi terjamin ga berubah lg , dan harusnya sih retainer permanen ini seumur hidup (kata dokter gigi nya, kalau lepas kontrol ulang).

dulu saya pernah pasang retainer yg copot pasang (selama 6 bulan itu), tp karena kurangnya disiplin penggunaan retainer (mungkin ini jg salah 1 faktor tersering tercetusnya retainer permanen), lalu struktur gigi nya berubah lg, bahkan utk pakai retainer nya saja cukup menyiksa karena nyeri sekali sampai sakit kepala jika dipaksakan.

akhirnya saya pakai behel ulang selama 1 tahun, baru dipasanglah retainer yg permanen.

dan pengalaman dari saudara saya jg, saat hamil, mereka merasa gigi nya yg sudah selesai treatment bbrp tahun sblmnya, berubah dan agak berantakan kembali (mungkin karena kepadatan tulang yg berubah karena kebutuhan kalsium meningkat dsb ya?). 
cmiiw

(saat ini saya sudah pakai retainer permanen sekitar 5 tahun, dan aman aja sih, ga pernah copot)
14 Agustus 2019, 10:44
Benar dok, sekarang ada retainer permanen yg dipasang di bagian palatal/lingual gigi. Ini akan lebih stabil, karena kalau retainer lepasan tergantung pada kooperatif pasien untuk rajin memakainya. Seringkali pasien lupa memakainya sehingga posisi gigi berubah kembali. 
Retainer permanen bisa dipakai seumur hidup, hanya saja pasien harus diingatkan untuk benar2 memperhatikan kebersihan mulutnya, terutama di sekitar retainernya. 
Karena letaknya di bagian dalam, kadang kurang diperhatikan kebersihannya sehingga di sekitar retainer banyak karang gigi. Pasien tetap dianjurkan untuk memeriksakan gigi/membersihkan karang giginya 6 bulan sekali. 
15 Agustus 2019, 17:34
Sharing yang sangat bermanfaat Dok. 
14 Agustus 2019, 10:38
Alo Dok, 
Untuk perawatan dengan kawat gigi lama perawatan tergantung pada berat ringannya kasus, rajin tidaknya pasien kontrol, kepadatan tulangnya. Rata2 2-3 tahun. Pada kasus yg berat/kompleks dan pada pasien yg lebih tua (tulang sdh lebih padat dan lebih banyak faktor penyulit lainnya) biasanya perawatan akan lebih lama.

Mengenai Retainer, semakin lama dipakai akan semakin baik/stabil. Retainer berfungsi untuk mempertahankan kestabilan hasil perawatan. Apalagi ketika perawatan baru selesai, tulang baru yg terbentuk (mengikuti posisi gigi terakhir yg telah berubah dari posisi sebelumnya) belum begitu padat sehingga mudah sekali terjadi relaps (gigi kembali ke posisi semula). Selain itu dalam mulut ada gaya dorong yg dihasilkan dari lidah, gerakan mengunyah, dan mungkin juga kebiasaan buruk pasien ataupun gigi bungsu yg tumbuh kemudian, semuanya dapat menyebabkan relaps.

Biasanya retainer lepasan dipakai minimal 1 tahun, dan lebih lama dipakai akan lebih baik. Pada 6 bulan pertama setelah braces dilepas, retainer dipakai 24 jam. Setelah itu pada 6 bulan selanjutnya bisa dipakai pada waktu malam saja.
15 Agustus 2019, 12:51
Terimakasih informasinya dok.
15 Agustus 2019, 17:34
Terimakasih infonya ya Dok. 
15 Agustus 2019, 17:39
dr. Heriyanto Hidayat, SpPD
dr. Heriyanto Hidayat, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Terima kasih. Tambah ilmu lagi
15 Agustus 2019, 12:38

Menarik sekali diskusinya. Terima kasih pada dokter dan dokter gigi.