Penggunaan isotretinoin jangka panjang untuk pasien dengan acne-prone skin - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, ijin konsul, pasien perempuan 29 tahun, datang untuk konsultasi mengenai penggunaan isotretinoin jangka panjang untuk pasien dengan acne-prone...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan isotretinoin jangka panjang untuk pasien dengan acne-prone skin

    Dibalas 08 April 2024, 08:14

    Alo Dokter, ijin konsul, pasien perempuan 29 tahun, datang untuk konsultasi mengenai penggunaan isotretinoin jangka panjang untuk pasien dengan acne-prone skin. Pasien baru beberapa bulan pindah dari luar kota. Oleh dokter spesialis kulit sebelumnya, selain diberikan krim wajah, pasien dianjurkan minum isotretinoin 1x10mg setiap hari dan dapat diminum dalam jangka waktu yang sangat lama/bertahun-tahun (tidak ditentukan).

    Obat isotretinoin pasien hampir habis dan pasien minta diresepkan isotretinoin.

    Pasien mengaku sudah jarang muncul jerawat (hanya 1-3 jerawat saja) dan biasanya muncul jika sedang menstruasi, kulit masih berminyak terutama di T zone, dan selama minum isotretinoin tidak ada keluhan.

    Pada pipi kanan, kiri, dagu, dan hidung nampak scar atropi bekas jerawat, nampak komedo dan 1 papul jerawat aktif diameter 0,3 mm di hidung, T-zone berminyak.

    Tambahan anamnesis terkait efek teratogenik: pasien belum menikah, tidak melakukan hubungan seksual.

    Yang ingin sy tanyakan, apakah isotretinoin dapat digunakan jangka panjang pada acne-prone skin dan hingga batas berapa tahun/usia berapa isotretinoin aman digunakan?

    Kemudian apakah dokter umum dapat meresepkan isotretinoin?

    Terimakasih­čÖĆ

08 April 2024, 08:14

ALO dr. Putri, bahaya juga ya, kalau dokter spesialis memberikan informasi seperti demikian kepada pasiennya. Sepengetahuanku, isotretinoin sistemik bahkan belum mendapat ijin BPOM di Indonesia, hanya dalam bentuk krim yang tersedia.

Sebaiknya kita memberikan penjelasan kepada pasien tentang dampak penggunaan obat ini jangka panjang. Sehingga pasien mau melakukan terapi konvensional yang lebih aman jika acne yang diderita sudah tidak parah.

https://www.alomedika.com/terapi-isotretinoin-oral-pada-acne-vulgaris

https://www.alomedika.com/obat/obat-topikal-untuk-kulit/antiakne/isotretinoin