Penggunaan GeNose sebagai alat deteksi COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Belakangan ini diketahui GeNose mulai digunakan di tempat-tempat umum, seperti stasiun kereta api. GeNose merupakan alat deteksi Covid 19 buatan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan GeNose sebagai alat deteksi COVID-19

    16 Februari 2021, 12:06

    Alo dokter. Belakangan ini diketahui GeNose mulai digunakan di tempat-tempat umum, seperti stasiun kereta api. GeNose merupakan alat deteksi Covid 19 buatan Indonesia yang bekerja dengan cara mendeteksi Volatile organic compound (voc) yang khas dari pasien covid 19. Alat ini diklaim memiliki akurasi yang tinggi (97%), tergolong murah, dan dirasa lebih nyaman digunakan. Namun beberapa pihak masih meragukan alat ini karena belum ada publikasi ilmiah yang mendukung klaim akurasi alat tersebut. Sementara alat ini sudah digunakan di tempat umum seperti stasiun kereta api, serta direncanakan akan mulai digunakan di perkantoran.

    Bagaimana pendapat sejawat sekalian mengenai hal ini?

16 Februari 2021, 12:27

Alo Dokter..

Setuju dok, sepertinya alat ini sudah mendapat izin dari Kementrian Kesehatan Indonesia dan digunakan sebagai alat skrining. Namun, belum ada publikasi hasil penelitiannya sehingga untuk edukasi ke pasien saya masih belum bisa memberikan informasi apapun. 

18 Februari 2021, 05:47
Alo Dokter,
Berdasarkan pengalaman teman-teman di lapangan, penggunaan Genose seringkali false positive bila digunakan di tempat yg polutannya tinggi. Namun memang krn harganya murah dan lebih nyaman lebih disukai oleh pasien ya Dok. Selain merk Genose yg diproduksi oleh UGM, ada alat yg sama dgn merk berbeda keluaran Unpad yakni CEPAD yg juga sudah mendapat izin Kemenkes dok. Akan tetapi, terkait syarat perjalanan baru Genose yang disetujui sbg alat skrining/deteksi Covid.