Penggunaan Dot pada Bayi Kolik - Diskusi Dokter

general_alomedika

Penggunaan dot sampai saat ini masih merupakan persoalan yang sering diperdebatkan baik pada orang awam maupun medis. Poin kesembilan dari 10 langkah sukses...

Diskusi Dokter

18 Februari 2020, 12:05
18 Februari 2020, 16:41

Alo dokter,

Untuk keberhasilan pemberian ASI eksklusif memang tidak dianjurkan untuk penggunaan dot/ pacifier. Namun di artikel Alodokter tersebut adalah penggunaan dot untuk manajemen menenangkan bayi dengan kolik melalui reflex hisap bayi. Jadi konsep berpikirnya berbeda menurut saya, sepertinya kita harus memahami bahwa penanganan kondisi pada suatu penyakit tidak bisa disamaratakan..

19 Februari 2020, 12:19
Sangat bermanfaat
19 Februari 2020, 20:18
dr.Ariawan, SpA
dr.Ariawan, SpA
Dokter Spesialis Anak
Alo Dokter
Mencoba bantu menjawab, untuk penggunaan dot atau pacifier itu sendiri pada kolik infantil sendiri sebenarnya hanya berupa untuk suatu tindakan menenangkan bayi, bukan untuk terus menerus. Dikarenakan untuk manajemen penanganan kolik infantil sendiri bermacam macam, mulai dari intervensi perilaku orang tua, baby massage, menggendong bayi, diet bebas protein susu sapi, pemberian probiotik dan lainnya. Sehingga tidak menggangu permasalahan ASI eksklusifnya dokter.
Berikut saya sertakan jurnal review dari natural reviews gastroenterology & hepatology. 
Terima kasih
zeevenhooven2018.pdf
20 Februari 2020, 09:36
Terimakasih infonya dok, sangat bermanfaat 🙏
20 Februari 2020, 14:53
Berarti bukan suatu langkah yang harus dilakukan saat penanganan kolik pada bayi Kan,Dok? Hanya sebagai salah satu opsi? Efek menenangkan mengisap juga bisa didapatkan dengan menyusui langsung,Dok?
20 Februari 2020, 20:41
Terima kasih untuk informasinya dok
19 Februari 2020, 20:35
Sangat bermanfaat
20 Februari 2020, 14:09
Nice sharing Dok.
20 Februari 2020, 15:20
dr.Ariawan, SpA
dr.Ariawan, SpA
Dokter Spesialis Anak
20 Februari 2020, 14:53
Berarti bukan suatu langkah yang harus dilakukan saat penanganan kolik pada bayi Kan,Dok? Hanya sebagai salah satu opsi? Efek menenangkan mengisap juga bisa didapatkan dengan menyusui langsung,Dok?
Iya betul dok, namun tetap harus diperhatikan kolik pada bayi juga dapat disebabkan oleh alergi protein susu sapi. Jadi patut disingkirkan penyebab tersebut juga dok.
21 Februari 2020, 07:25
Nice sharing, Doc..so thank you..
21 Februari 2020, 13:52

Alo Dok, 

Kolik infantil sendiri banyak penyebabnya dok, dan kondisi ini terkadang sangat membuat cemas dan stres orangtua/pengasuh. Saya setuju penggunaan dot bisa bersifat menenangkan namun pada ibu yang masing struggle dengan proses menyusui sebaiknya memang tidak dianjurkan menggunakan pacifier karena akan semakin mengganggu perlekatan menyusui, menyebabkan bingung puting dan penyapihan dini. Pada ibu dengan asi ekslusif, bisa dianjurkan untuk lebih banyak menggendong, membedong bayi, menaruh dalam ayunan/bouncer, menyanyikan bayi atau menyusui langsung utk membantu menenangkan bayi. Hanya saja perlu ditekankan, pada ibu yang lelah atau kurang istirahat agar jangan dipaksa untuk menyusu langsung karena berisiko menimbulkan stres/depresi serta menurunkan produksi asi. 

Pada ibu yang menggunakan PASI juga tidak disarankan menggunakan dot berlama-lama akan menimbulkan maloklusi dental dan penyapihan paksa akan menimbulkan kecemasan bayi. 

https://www.aafp.org/afp/2009/0415/p681.html

Alo Dok, 

Kolik infantil sendiri banyak penyebabnya dok, dan kondisi ini terkadang sangat membuat cemas dan stres orangtua/pengasuh. Saya setuju penggunaan dot bisa bersifat menenangkan namun pada ibu yang masing struggle dengan proses menyusui sebaiknya memang tidak dianjurkan menggunakan pacifier karena akan semakin mengganggu perlekatan menyusui dan menyebabkan bingung puting. Pada ibu dengan asi ekslusif, bisa dianjurkan untuk lebih banyak menggendong, membedong bayi, menaruh dalam ayunan/bouncer, menyanyikan bayi atau menyusui langsung utk membantu menenangkan bayi. Hanya saja perlu ditekankan, pada ibu yang lelah atau kurang istirahat agar jangan dipaksa untuk menyusu langsung karena berisiko menimbulkan stres/depresi serta menurunkan produksi asi. 

Pada ibu yang menggunakan PASI juga tidak disarankan menggunakan dot berlama-lama akan menimbulkam maloklusi dental dan penyapihan paksa akan menimbulkan kecemasan bayi. 

https://www.aafp.org/afp/2009/0415/p681.html

https://pediatrics.aappublications.org/content/103/3/e33.full.html