Penggunaan antikoagulan untuk pasien COVID-19 - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Robert Shinto, Sp.PD-KPTISaat ini banyak pasien dengan manifestasi klinis COVID-19 yang ringan menanyakan apakah mereka perlu menggunakan obat-obat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan antikoagulan untuk pasien COVID-19 - Penyakit Dalam Ask the Expert

    07 Juli 2021, 14:40

    Alo dr. Robert Shinto, Sp.PD-KPTI

    Saat ini banyak pasien dengan manifestasi klinis COVID-19 yang ringan menanyakan apakah mereka perlu menggunakan obat-obat antikoagulan untuk mencegah munculnya gejala yang lebih berat akibat tromboemboli. Pertanyaan ini terutama sering muncul karena belakangan ini mortalitas akibat COVID-19 semakin tinggi. Apakah penggunaan antikoagulan seperti enoxaparin memang telah terbukti oleh uji klinis dapat mengurangi risiko manifestasi klinis COVID-19 yang berat dan mengurangi mortalitas?

    Jika iya, pasien seperti apakah yang sebaiknya diberikan terapi ini dan pasien apakah yang tidak boleh menerimanya? Terima kasih, Dok.

07 Juli 2021, 14:52
dr. Robert Sinto SpPD KPTI
dr. Robert Sinto SpPD KPTI
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Penelitian antikoagulan dikerjakan pada populasi COVID 19 dalam perawatan di rumah sakit.

Pada pasien COVID 19 yang menjalani isolasi mandiri, antikoagulan dapat diberikan pada pasien dengan mempertimbangkan faktor koagulasi (d dimer) dan startifikasi risiko berat penyakit. Antikoagulan dapat dibeirkan baik secara oral maupun injeksi.

Terima kasih atas pertanyaannya dok