Penekanan krikoid saat intubasi - Anestesi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Yusuf, Sp.An!Saat pendidikan kedokteran dan pelatihan2 intubasi, penekanan krikoid sering diajarkan sebagai metode mempermudah intubasi. Apakah cara...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penekanan krikoid saat intubasi - Anestesi Ask the Expert

    05 Februari 2021, 11:36

    ALO, dr. Yusuf, Sp.An!

    Saat pendidikan kedokteran dan pelatihan2 intubasi, penekanan krikoid sering diajarkan sebagai metode mempermudah intubasi. Apakah cara ini memang terbukti klinis dapat mempermudah intubasi, Dok? Apakah ada dampak negatif dari penekanan krikoid yang perlu diwaspadai?

05 Februari 2021, 12:25

Alo dr. Ciho.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Penekanan krikoid atau yang sering dikenal dengan Sellick Maneuver sebenarnya ditujukan untuk mencegah terjadinya aspirasi pada pasien yang beresiko, dan sering digunakan saat melakukan Rapid Sequence Intubation. Namun manuver ini sering dikombinasi dengan BURP maneuver (backward-upward-rightward-pressure), mungkin gerakan inilah yang dimaksud oleh dr. Ciho, yang dapat membantu mempermudah visualisasi glotis saat akan melakukan intubasi.

Asalkan manuver ini dilakukan oleh asisten yang terlatih maka manuver ini memang bisa membantu operator dalam melakukan intubasi dok dan tidak ada efek samping berbahaya yang terjadi.

Semoga bisa membantu dok. Terimakasih

05 Februari 2021, 13:38

Terima kasih untuk penjelasannya, dr. Yusuf