Pasien usia 40 tahun dengan Meigs Syndrome mengeluh perut semakin membesar - Diskusi Dokter

general_alomedika

Wanita usia 40 tahun telah didiagnosa dengan Meigs Syndrome oleh dokter internist. Dari hasil pemerikaaan beliau memang sudah dipastikan terdapat kista...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 40 tahun dengan Meigs Syndrome mengeluh perut semakin membesar

    05 April 2020, 16:12

    Wanita usia 40 tahun telah didiagnosa dengan Meigs Syndrome oleh dokter internist. Dari hasil pemerikaaan beliau memang sudah dipastikan terdapat kista ovarium, ascites dan efusi pleura. Dan pasien telah dirujuk ke dokter bedah onkologi, hanya saja saat ini kedua dokter tidak praktek. Apakah bisa menyarankan pasien konsul ke dokter spesialis lain? Karena pasien merasa perut makin membesar.


    Lalu apakah memungkinkan untuk melakukan torakosentesis di IGD pada situasi saat ini? Dan apakah tindakan ini akan berpengaruh pada kistanya?


    Terimakasih sebelumnya.

05 April 2020, 16:46
Izin urun pendapat ya dokter. Jika keluhan sesak memberat, dan didapatkan efusi pleura yang tinggi bisa dilakukan pungsi efusi pleura/torakocentesis di UGD. Kadar albumin juga sering rendah pada pasien seperti ini. Sehingga sebaiknya jika merasa sesak sebaiknya ke UGD, bila perlu perbaikan kondisi rawat inap jika ada indikasi. Mohon asupan TS lain. 
05 April 2020, 17:29
Terimakasih infonya Dokter.