Pasien laki-laki berusia 15 tahun dengan polidaktili di tangan kiri - Bedah Plastik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Mohamad Rachadian, Sp.BP-REIzin bertanya dok.Pasien seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun dengan polidaktili di tangan kiri.Tidak ada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki berusia 15 tahun dengan polidaktili di tangan kiri - Bedah Plastik Ask The Expert

    05 Agustus 2021, 12:56

    Selamat siang dr. Mohamad Rachadian, Sp.BP-RE

    Izin bertanya dok.

    Pasien seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun dengan polidaktili di tangan kiri.

    Tidak ada keluhan namun karena pasien beranjak remaja ingin jari tambahan tersebut dihilangkan.

    Apakah ada kriteria tertentu agar jari tersebut bisa dioperasi dok? Lalu jika dirujuk, apakah harus ke spesialis bedah plastik dokter? Karena pasien tinggal di kota yang RSUD nya tidak ada spesialis bedah plastik.

    Mohon petunjuknya dokter.

    Terima kasih banyak.

05 Agustus 2021, 13:27
dr.Mohamad Rachadian Ramadan, SpBP-RE(K)
dr.Mohamad Rachadian Ramadan, SpBP-RE(K)
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Selamat siang dr. Winda Agustina,

 

Terima kasih atas kasus yg menarik, polidaktili atau jari berlebih merupakan salah satu kelainan bawaan tangan yang cukup sering ditemui, disamping syndactily (jari dempet).

Polydactily dapat terjadi pada preaxial (sisi radial) atau post axial (sisi ulnar), dapat juga terjadi di central. Angka kejadiannya memang lebih banyak pada post-axial (sisi ulnar).

Merujuk pada kasus dokter:

1. Perlu di lakukan pemeriksaan yang komprehensif untuk menyingkirkan kemungkinan kelainan kongenital pada organ lainnya, yang merujuk pada sebuah syndrom kongenital. Khususnya pada tangan dan jari-jari, perlu diperhatikan fungsinya seperti fleksi dan ekstensi apakah baik? atau jari tidak dapat berfungsi sama sekali.

2. Sayang foto terpotong, jika dapat diberikan foto yang menunjukkan ke semua jari pada posisi palmar dan dorsal akan sangat membantu. Dapat juga dilakukan foto rontgen tangan pada posisi AP/Oblique untuk menilai keterlibatan tulang. 

3. Perihal tindakan dapat dilakukan operasi, pada kasus simple yg saya asumsikan dari data yg dokter berikan: post axial polidactily, biasanya tidak ada keterlibatan tulang. Sehingga dapat dilakukan operasi eksisi jari berlebih, bahkan dalam anestresi lokal.

 

Berikut saya sertakan file PDF untuk bacaan lebih lanjut: 

 

Bates, Steven J. M.D.; Hansen, Scott L. M.D.; Jones, Neil F. M.D. Reconstruction of Congenital Differences of the Hand, Plastic and Reconstructive Surgery: July 2009 - Volume 124 - Issue 1 - p 128e-143e doi: 10.1097/PRS.0b013e3181a80777

Terima kasih

 

 

 

Reconstruction_of_Congenital_Differences_of_the.14.pdf
05 Agustus 2021, 13:55
Terima kasih banyak atas penjelasannya yang sangat lengkap Dokter..Pada pemeriksaan fisik dan anamnesis, fungsi jari pasien yang lain sangat baik dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan. Untuk kelainan kongenital lainnya saat pemeriksaan tidak ditemukan dan menurut pengakuan pasien tidak ada Dokter. Akan saya usulkan untuk pemeriksaan yang lebih menyeluruh.Sekali lagi terima kasih atas saran dan referensinya dok. Sangat bermanfaat.
05 Agustus 2021, 14:04
Mohon maaf berikut gambar tampilan palmar dan dorsal tangan kiri pasien Dokter..
Terima kasih banyak dok
05 Agustus 2021, 14:12
dr.Mohamad Rachadian Ramadan, SpBP-RE(K)
dr.Mohamad Rachadian Ramadan, SpBP-RE(K)
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Terima kasih atas gambarnya dok, sesuai dengan post axial polydactily. Dapat dilakukan simple excision dan penjahitan primer saja dok, bahkan dalam anestesi lokal pun bisa

05 Agustus 2021, 14:19
Baik dokter, akan dilakukan edukasi sesuai informasi dari Dokter.
Terima kasih banyak dok.. sukses selalu