Penanganan awal pada keloid - Bedah Plastik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Sara, Sp.BP-RE (K), izin bertanya mengenai pasien yang ingin menghilangkan keloid ketika konsultasi ke fasilitas layanan primer atau dalam layanan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan awal pada keloid - Bedah Plastik Ask The Expert

    24 November 2021, 13:02

    ALO dr. Sara, Sp.BP-RE (K), izin bertanya mengenai pasien yang ingin menghilangkan keloid ketika konsultasi ke fasilitas layanan primer atau dalam layanan telemedicine, bagaimana penatalaksanaan awal yang dapat dilakukan, apakah sudah perlu langsung dirujuk atau dapat diberikan terapi farmakologis sementara? Terutama jika dengan keterbatasan pilihan obat pada layanan primer, adakah alternatif terapi yang dapat diberikan dok? Terima kasih Dokter. 

24 November 2021, 13:16
dr.Sara Ester Triatmoko
dr.Sara Ester Triatmoko
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo dr Olvy,

pada kasus keloid, artinya jaringan yang tumbuh lebih lebar lebih besar dari luka aslinya, maka pada faskes primer bisa dilakukan injeksi steroid intralesi, disuntik hingga warna berubah menjadi pucat, setiap minggu atau 2 minggu. hati2 kemungkinan necrosis kulit jika terlalu banyak penyuntikan.

pada kasus dimana keloid tersebut sangat menggganggu misalnya menggantung di telinga sehingga berat, boleh disarankan operasi, dengan melakukan eksisi intralesi, dengan cara membuang namun di dalam lesi, karena jika dibuang diluar lesi, akan terjadi kembali keloid yang bahkan lebih besar dari sebelumnya.

pertimbangkan juga skar hipertrofi, artinya jaringan yang tumbuh tidak lebih lebar dari luka aslinya, dokter bisa menyarankan beberapa hal sperti penggunakan gel antikeloid (yang tersedia di pasaran misal dermatxx, kelocot*), melakukan penekanan setiap habis mandi dengan minyak atau lotion selama 20 detik hingga pucat, melakukan tapping atau plester dengan paper tape.

24 November 2021, 14:01
Dokter apakah keloid onsetnya bisa setelah bertahun2? Saya apa pasien 30 th 3 hari  mengeluh bengkak dan nyeri  tepat di luka bekas operasi SC 3,5 tahun lalu. Sebelumnya tidak ada rw keloid hanya pernah hipertropi scar.Ukurannya  panjang nya yg bengkak hanya 2cm dan lebarnya 1cm, hari ke 4 mulai kempes tapi tampak seperti scarnya lebih besar dari yg di sekitarnya. Saat ini saya beri klindamisin 300mg 2x sehari hari ke 3 dan betametason krim sue  hari ke 2. Mohon koreksi dan pendapat diagnosis dan tatalaksana yg tepat. Apakah ini akan menjadi keloid? T
24 November 2021, 14:06
Riwayat trauma atau gigitan serangga disangkal. 🙏Btk coll
24 November 2021, 13:35
dr.Dr Shanty Iswara, MS,SpGK
dr.Dr Shanty Iswara, MS,SpGK
Dokter Spesialis Gizi
Sy ingin ikut alomedika webinar pd nutrisi pd proses penuaan tp tdk bisa masuk kenapa???