Penanganan Batuk pada Pasien dengan Penyakit Jantung - Jantung Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Roy Christian, Sp. JP, FIHA, izin bertanya dokter.Bagaimana tatalaksana medikamentosa ataupun non medikamentosa untuk batuk yang aman pada pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan Batuk pada Pasien dengan Penyakit Jantung - Jantung Ask the Expert

    07 Mei 2021, 12:00

    Alo dr. Roy Christian, Sp. JP, FIHA, izin bertanya dokter.

    Bagaimana tatalaksana medikamentosa ataupun non medikamentosa untuk batuk yang aman pada pasien dengan gangguan jantung seperti penyakit jantung kongestif dokter?

    Terimakasih sebelumnya dokter.

07 Mei 2021, 12:35
dr. Roy Christian
dr. Roy Christian
Dokter Spesialis Jantung

Terima kasih dr. Nurul, untuk tatalaksana batuk pada pasien jantung ada bbrp hal yang sebaiknya diperhatikan, pertama tentu dicari dulu penyebab gejala batuk tsb, kadangkala batuk merupakan salah satu gejala awal dari dekompensasi jantung yang bisa muncul sebelum  pasien merasakan sesak napas. Bila ini yg terjadi tentunya perlu diberikan obat untuk mencegah supaya tidak makin berat misalnya dengan diuretik, antyihipertensi bila TD nya tinggi, atau yg lainnya. Bisa juga batuk ini efek dari obat misal golongan ACE inhibitor yang sering diberikan pada pasien jantung kongestif, biasanya berupa batuk kering dan gatal. Bila ini yang terjadi mungkin dipertimbangkan untuk menurangi atau menghentikan obat tsb. Hal lain yang perlu diperhatikan seringkali obat batuk yang beredar mengandung komponen zat seperti pseudoefedrin atau lainnya yang bisa memperngaruhi irama jantung dan atau TD. nah sebaiknya dihindari dan diberikan obat dengan kandungan spt ambroxol atau sejenisnya.

07 Mei 2021, 12:37
Baik dr. Roy, terimakasih atas informasinya dokter, sangat bermanfaat 🙏