Pemeriksaan lab selama terapi antikejang pada anak usia <18 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya dan sharingnya, jika anak <18 bulan dg diagnosis kejang demam komplek dan diberikan terapi asam valproat 1 tahun, apakah selama...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemeriksaan lab selama terapi antikejang pada anak usia <18 bulan

    13 Desember 2022, 20:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dokter, izin bertanya dan sharingnya, jika anak <18 bulan dg diagnosis kejang demam komplek dan diberikan terapi asam valproat 1 tahun, apakah selama terapi harus dilakukan pemeriksaan lab? biasanya pada terapi bulan keberapa dan apa saja yg perlu diperiksakan? terimakasih

14 Desember 2022, 12:03
dr. Felicia
dr. Felicia
Dokter Umum

ALO dokter

 

Ijin ikut berdiskusi

 

Pemeriksaan lab untuk pasien yang mendapat asam valproat meliputi pemeriksaan kadar obat saat 1-2 minggu dari awal pemberian dan saat penyesuaian dosis. Selain itu, diperlukan pemeriksaan darah lengkap, fungsi hepar dan kadar albumin untuk melihat efek toksik asam valproat. Pemeriksaan ini dilakukan di awal dan secara periodik. 

 

Darah lengkap 1-2 minggu setelah terapi dimulai dan setiap peningkatan dosis, kemudian 3 bulan bila sudah mencapai dosis terapeutik. Pemeriksaan lainnya per 3 bulan. 

 

Berikut artikel Alomedika mengenai pedoman klinis asam valproat: https://www.alomedika.com/obat/antiepilepsi-antikonvulsi/asam-valproat/pengawasan+klinis

 

CMIIW

 

Semoga membantu

16 Desember 2022, 13:20
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
terimakasih dok
14 Desember 2022, 22:19
Alo dok  pada pasien yang akan mendapat long term AED, sebaiknya di cek lab pada saat awal mulai terapi/baseline,  2 bulan pasca terapi, dan tiap tahun pasca terapi. Yang dicek berupa  Darah rutin, liver function test (OT , PT, Bil total, Bil direk/indirek), Albumin, Faktor koagulasi (PTT APTT INR).
16 Desember 2022, 13:20
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
terimakasih banyak dokter
16 Desember 2022, 13:21
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
maaf dok, izin bertanya lagi, jika saat awal terapi tdk diperiksakan, dan sudah jalan terapi bulan ke-4 sebaiknya bagaimana dok?
16 Desember 2022, 13:32
Ya gapapa dok di periksa aja.
Kalau misalnya ada kendala lab ga bisa semua priksa parameter di atas. Mungkin saran sy bisa diutamakan priksa DR & OT/PT.  Kalau misalnya pasien ada efek samping gejala efek samping asam valproat misalnya ada patekie, purpura, perdarahan, ikterik dll. Maka sebaiknua diperiksa lengkap.
21 Desember 2022, 18:20
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
baik dokter, terimakasih atas masukannya