Petanda COVID-19 dari hasil lab - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang ts, izin bertanya dok. Saya pernah membaca bahwa salah satu pertanda dari covid-19 adalah dari leukopenia, limfositopenia, dan monosit yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Petanda COVID-19 dari hasil lab

    26 Maret 2020, 11:14
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang ts, izin bertanya dok. Saya pernah membaca bahwa salah satu pertanda dari covid-19 adalah dari leukopenia, limfositopenia, dan monosit yang meningkat. Ada juga yang mengatakan trombosit rendah, crp meningkat dan led meningkat. Namum, biasanya pemeriksaan rutin yang dilakukan adalah darah rutin saja dok. Menurut dokter, Apakah jika hanya ada salah satu kriteria saja misal limfosit rendah tapi yang lain normal, bisa di curiga ke arah covid ? Atau ada kriteria lain lagi kah dok? Atau perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan rontgen/ct scan. Saat ini kan banyak pasien batuk pilek, apakah boleh kita langsung memeriksaan lab nya dok agar aman ? Karena dikawatirkan ada pasien yang berbohong dok atau pasien tidak sadar jika dia terinfeksi, bagaimana ya cara mengatasi hal tsb ? Terimakasih 🙏. 

26 Maret 2020, 11:48
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter!

COVID-19 memang bisa menyebabkan perubahan pada hasil lab darah tapi perubahannya bervariasi dan bersifat tidak spesifik jadi tidak bisa digunakan sebagai kriteria diagnosis pasien.

Alur diagnosis pasien COVID-19 tetap harus mengikuti alur diagnosis pemerintah yang dapat diakses melalui link berikut ini:

https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/dokumen-resmi-kesiapsiagaan-menghadapi-novel-coronavirus-covid-19-revisi-ke-3/#.XnbUq6gzbIV

Jadi tidak bisa hanya berdasarkan hasil pemeriksaan darah lengkap saja untuk melihat adanya leukopenia untuk mengarahkan ke diagnosis COVID-19 karena sangat tidak spesifik.

Balik lagi ke ada tidaknya demam, gejala pernapasan, atau gejala pneumonia/ISPA berat untuk mengarahkan ke kecurigaan COVID-19, serta tinggal/riwayat bepergian ke negara/daerah di Indonesia yg ada transmisi COVID atau ada riwayat kontak dengan suspek/positif COVID-19..

Pemeriksaan darah dan rontgen lebih bermanfaat untuk melihat ada tidaknya kemungkinan penyebab lain yang jelas menyebabkan keluhan pada pasien sebagai diagnosis banding.. Jadi tetap bisa dilakukan Rontgen atau pemeriksaan darah..

27 Maret 2020, 17:06
Izin menyimak dok 
27 Maret 2020, 22:57
dr. Kana Wulung A.I.P Sp.P
dr. Kana Wulung A.I.P Sp.P
Dokter Spesialis Paru
👍
28 Maret 2020, 07:17
dr. Gina Amanda, Sp.P
dr. Gina Amanda, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Hai dok,ketika melihat pasien jangan melihat sekotak- sekotak. Lihatlah pasien secara utuh, gejalanya, riwayat, PF yang benar, dan pemeriksaan penunjang.

Leukopeni juga bs terjadi awal2 fase DHF. Bahkan pasien ALO pun bisa limfopeni.

Hitung jenis totalnya harus 100,sekalipun sedang infeksi bakteri dmn netrofil naik,tentu akan diikuti oleh penurunan komponen lain (shift to the left or right).
Sebagai klinisi harusnya bisa melihat pasien secara utuh dan melawan psikosomatis diri sendiri.
28 Maret 2020, 08:53
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Psikiater
Izin turut menyimak dok.🙏

28 Maret 2020, 08:53
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Psikiater
Izin turut menyimak dok.🙏