Pemberian terapi pada alopecia bagi dokter umum - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Fresa Nathania, Sp.KK, izin bertanya pada pasien yang konsultasi ke dokter umum dengan kondisi alopecia areata, pilihan terapi apa yang dapat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian terapi pada alopecia bagi dokter umum - Kulit Ask the Expert

    24 Agustus 2021, 10:49
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Fresa Nathania, Sp.KK, izin bertanya pada pasien yang konsultasi ke dokter umum dengan kondisi alopecia areata, pilihan terapi apa yang dapat diberikan dalam kompetensi dokter umum. Apakah dapat langsung diberikan terapi seperti steroid atau minoksidil, atau sudah perlu dirujuk untuk konsultasi ke dokter spesialis kulit dok? Terima kasih. 

24 Agustus 2021, 11:55
Alo dokter.  Terimakasih atas pertanyaannya.

Untuk alopesia ada berbagai etiologi yang perlu ditelusuri dengan pemeriksaan klinis di awal karena menentukan arah penanganannya. Antara lain
Infeksi jamur (tinea kapitis),  penyakit autoimun (SLE),  infeksi bakteri (silis sekunder),  alopesia sikatrisial atau karena bekas luka, alopesia androgenetik akibat hormonal, akibat obat-obatan kemoterapi, trikotilomania, dan sebagainya.

Setelah pemeriksaan klinis dapat diberikan pengobatan langsung sesuai indikasi. Misal jika kecurigaan mengarah ke infeksi jamur dapat langsung  saja diberikan terapi antifungal, atau curiga ke arah alopesia androgenetik bisa coba diberikan minoxidil. Namun jika mengarah ke penyebab autoimun atau kelainan lainnya atau sudah coba diterapi dan tidak berhasil  lebih baik dirujuk ke dr spesialis kulit untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.
Semoga dapat membantu dok🙏🏻