Pemberian OHO oleh dokter umum - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dr. Dyah izin bertanya, sebenarnya saya msh bingung pemilihan OHO yg pas utk pasien DM. Jadi kalau ada pasien dgn Riw.DM atau tdk ada riwayat DM...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian OHO oleh dokter umum - Penyakit Dalam Ask the Expert

    16 Februari 2022, 15:42

    Selamat sore dr. Dyah izin bertanya, sebenarnya saya msh bingung pemilihan OHO yg pas utk pasien DM. Jadi kalau ada pasien dgn Riw.DM atau tdk ada riwayat DM sblmnya ketika GDS >300mg/dl disertai gejala 3P, saya memberikan terapi Metformin 2x500mg kombinasi Glibenklamid 1x5mg, lalu 2 minggu kemudian pasien saya suruh kontrol ulang. Apakah seperti ini sudah tepat dok? Kalau blm tepat, mohon koreksinya dok.

    Lalu utk pemeriksaan GDS berkala itu follow up terapi OAD yg diberikan, baiknya jeda brp lama ya dok?

    Terimakasih dok

16 Februari 2022, 15:50
dr. Dyah P SpPD KEMD
dr. Dyah P SpPD KEMD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dear dr Cahya, bila diagnosis DM sudah ditegakkan, kita singkirkan kondisi dekompensasi metabolik yg memerlukan perawatan. Bila pasien tidak perlu dirawat, maka tatalaksana hiperglikemianya bisa disesuaikan dengan panduan yg ada. Secara bersamaan diberikan edukasi, modifikasi gaya hidup dan pemberian obat. Bila langsung diberikan kombinasi terapi, hati2 dengan gejala hipoglikemia relatif (gula darah normal atau masih tinggi namun pasien mengeluh hipoglikemia karena penurunan gulanya drastis dibanding sebelumnya). Glibenklamid termasuk gol SU yg poten, bila mau menggunakannya bersamaam dengan metformin langsung di pertemuan pertama pasien, bisa diawali dosis kecil (1,25 atau 2,5) sebanyak 1-2x sehari.

16 Februari 2022, 17:10
Ooh baik dok, setelah tidak ada tanda dekompensasi metabolik, lalu pasien dicek GDS ulangnya setelah diberikan terapi brp lama dok? Atau utk kunjungan pertama, amannya diberikan metformin 3x500mg saja ya dok jika GDS 300 spt itu?