Pemberian Dexamethasone kepada Pasien COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter.Mohon pendapat rekan-rekan sejawat mengenai pemberian dexamethasone kepada pasien yang positif COVID-19 (dengan swab/PCR test), termasuk pasien...

Diskusi Dokter

24 September 2020, 09:54

Alo, Dokter.

 

Izin coba menjawab ya..

 

Dari hasil studi yang saya baca, pemberian dexamethasone hanya bermanfaat pada pasien COVID-19 yang terpasang ventilator (dalam keadaan kritis). 

Penelitian ini berupa meta analisis prospektif dari 7 RCT yang melibatkan 1.703 pasien. Hasilnya menunjukkan 8% pengurangan absolut (40% vs 32%) dan 21% penurunan relatif angka kematian pada pasien COVID-19 dengan ventilator. 

 

Referensi: https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/2770279

 

Sementara itu, manfaat pemberian kortikosteroid untuk pasien tanpa gejala belum ditunjang data klinis yang adekuat. WHO dan CDC juga merekomendasikan untuk menghindari penggunaan obat ini untuk COVID-19.

Referensi: https://www.alomedika.com/kortikosteroid-untuk-penanganan-covid-19

 

CMIIW. Mungkin dokter lain ada yang bisa memberikan pendapat?

 

Terima kasih.

25 September 2020, 21:49

Alo Dok,

IMHO, penanganan pasien terkonfirmasi positif asimptomatis isolasi mandiri di rumah dgn terapi farmakologisnya adalah multivitamin dgn kandungan vit B, C, D, E dan zinc.

Mengenai deksametason, sebenarnya tdk/belum tercantum sebagai obat penanganan COVID versi BPOM. Tetapi dari pedoman berbagai perhimpunan dokter spesialis mengenai tatalaksana covid edisi II, deksametason diberikan pada kasus berat yg mendapat teeapi oksigen atau dukungan ventilator.