Pasien dengan keluhan nyeri serta edema pada plantar pedis akibat tertusuk paku 2 minggu yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien dengan keluhan kaki tertusuk paku sudah lebih dari 2 minggu, saat ini keluhan hanya nyeri dan plantar pedis edema serta...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan keluhan nyeri serta edema pada plantar pedis akibat tertusuk paku 2 minggu yang lalu

    22 Januari 2021, 18:16

    Alo dokter, saya memiliki pasien dengan keluhan kaki tertusuk paku sudah lebih dari 2 minggu, saat ini keluhan hanya nyeri dan plantar pedis edema serta terdapat pus, demam (-), kejang (-) trismus (-).

    Menurut beberapa sumber yang saya baca pemberian ATS jika onset <24 jam, sedangkan HTIG dapat diberikan jika onset >24 jam, namun ada beberapa sumber jg yg mengatakan tidak perlu memberikan ATS atau HTIG jika sudah >24 jam.

    Jadi kapan idealnya memberikan profilaksis antitoksin tersebut? Terimakasih.

22 Januari 2021, 18:49

Alo dr. Intan, izin ikut menjawab sekaligus ikut berdiskusi ya Dok, memang sebaiknya TIG diberikan dalam waktu 48 jam setelah terjadinya luka ataupun sebelum dilakukan manipulasi terhadap luka. Pada luka yang terkontaminasi atau terinfeksi (disertai dengan pus) juga perlu dilakukan debridemen dan wound toilet terlebih dahulu. Pemberian TIG diperlukan pada luka yang berisiko dan rentan terkena tetanus, terutama sebagai usaha pencegahan pada pasien yang belum vaksin tetanus atau belum mendapatkan dosis lengkap vaksin tetanus, umumnya jika sudah >12 jam setelah kejadian luka, diberikan TIG dengan dosis 500 IU. Berikut referensinya Dok, 


https://www.alomedika.com/obat/vaksin-serum-dan-imunoglobulin/imunoglobulin/tetanus-imunoglobulin/indikasi-dan-dosis


https://www.alomedika.com/protokol-profilaksis-tetanus


https://www.alomedika.com/penyakit/neurologi/tetanus/penatalaksanaan


Semoga membantu Dok. Turut menyimak juga diskusi dari TS yang lain, mohon dikoreksi jika ada kesalahan. Terima kasih. 

 

22 Januari 2021, 18:56
Terimakasih dokter rose atas refrensi nya :)
23 Januari 2021, 08:55
Alo Dokter,
Baik ATS maupun HTIG paling baik diberikan sebelum 24 jam sejak. Dibanding ATS, HTIG lebih baik dipilih karena reaksi alergi lebih minimal. Nah, b onset luka namun jika sudah lebih dari 24 jam, bisa diberikan double dosis HTIG (HTIG 500 IU IM).


23 Januari 2021, 09:56
Alo dokter, trimakasih atas penjelasannya. Berarti pasien sy yg sdh lebih dari 2 minggu tsb bisa saya berikan TIG ya dok.