pemberian antivirus pada pasien covid19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

selamat malam dok, izin bertanya, bagaimana pemberian antivirus seperi oseltamivir ataupun avigan pada pasien terkonfirmasi positif dengan gejala ringan dan...

Diskusi Dokter

28 Desember 2020, 06:40
Alo, dok. Saya mencoba menjawab.Berdasarkan buku Informatorium Obat Covid 19, pemberian oseltamivir dapat diberikan dengan dosis 75 mg 2x sehari selama 5-7 hari ( untuk dewasa dan anak di atas 13 tahun), sedangkan pada anak dibawah atau sama dengan 1 tahun diberikan sesuai BB seperti terlampir.Dosis ini diberikan pada pasien terkonfirmasi covid19 baik derajat ringan, sedang atau berat. Untuk lebih jelas silakan baca buku nya yang saya lampirkan.Untuk diberikan saat rawat jalan bisa asal perlu dilakukan observasi efek samping obat dan interaksi obat, bila timbul efek samping, hentikan obat dan segera ke instalasi gawat darurat.
Informatorium Obat COVID19 Edisi 2.pdf
31 Desember 2020, 03:40
Alo Dokter,Terapi farmakologis utk pasien covid yg isolasi di rumah berdasarkan pedoman tatalaksana covid mencakup pemberian multivitamin (yang mengandung vit C, B, D, E dan Zinc), azitromisin dan antivirus (T*amiflu atau A*vigan). Tapi setahu pemberian antivirus dan antibiotik diberikan pada pasien yg isolasi di wisma saja dok krn distribusinya terbatas. Pengalaman pegawai yg saya tangani, bila isolasi mandiri di rumah berdasarkan pemantauan puskemas, tidak diberikan obat (vitamin dan obat simptomatis biasanya dari pasien sendiri dok-pasien diberikan multivitamin berkala dari kantor dan saya anjurkan beli obat online bila ada gejala ringan selama masa isolasi mandiri.
31 Desember 2020, 16:45

Terimakasih Banyak dok atas jawabannya