Bagaimana pemberian antiviral dan steroid dalam pengobatan bell'palsy - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya mau bertanya apa ada literatur yang menganjurkan pemberian antiviral dengan steroid dalam pengobatan bell's palsy? Lalu bagaimana tatalaksana bell's...

Diskusi Dokter

17 Desember 2020, 11:53
dr. Anyeliria Sutanto, Sp.S
dr. Anyeliria Sutanto, Sp.S
Dokter Spesialis Saraf
Alo dr. Jimmy
Berdasarkan panduan tatalaksana kasus Bell's palsy (Murthy & Saxena, 2011), terapi utama akan meliputi penggunaan obat steroid, antiviral, dan fisioterapi.
Rasionalisasi penggunaan steroid adalah pada fase akut terjadi proses inflamasi dan edema pada saraf fasialis sehingga penggunaan steroid diharapkan akan meminimalisir laju kerusakan saraf dan memberikan luaran klinis yang lebih baik. Steroid disarankan pada bell's palsy dengan onset < 72 jam.
Untuk penggunaan antivirus dikaitkan dengan adanya bukti keterlibatan infeksi virus (khususnya HSV). Namun, penelitian- penelitian terbaru tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada luaran klinis pasien yang mendapat terapi antiviral, sehingga pemberiannya akan memerlukan pertimbangan profil masing2 pasien. Untuk durasi pemulihan Bell's palsy berkisar antara 2 minggu hingga 6 bulan. Faktor yang akan mempengaruhi kecepatan pemulihan antara lain derajat keparahan paresis (skala House Brackmann) dan profil elektrofisiologis (melalui pemeriksaan EMG/elektromiografi untuk mencari tanda reinervasi).
Tatalaksana yang dapat dilakukan ialah pemberian vitamin neurotropik dan melanjutkan fisioterapi, sambil dilakukan evaluasi klinis dan elektrofisiologis untuk edukasi prognosis pada pasien. Demikian dok. Semoga dapat membantu.
Terima kasih sebelumnya. :)
17 Desember 2020, 11:54
Terima kasih ilmunya, dok