Penanganan yang tepat untuk pasien HNP dengan R. Upper GI bleeding tanpa adanya efek samping nyeri pada ulu hati - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamualaikum wr. WbSelamat siang dokterIzin bertanyaSaya sering kali mendapati pasien geriatri d klinik dengan HNP, spondilosis dll yang di sertai dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat untuk pasien HNP dengan R. Upper GI bleeding tanpa adanya efek samping nyeri pada ulu hati

    04 Januari 2021, 14:17

    Assalamualaikum wr. Wb

    Selamat siang dokter

    Izin bertanya

    Saya sering kali mendapati pasien geriatri d klinik dengan HNP, spondilosis dll yang di sertai dengan R. Upper GI bleeding.

    Setiap pemberian obat analgesik d sertai dengan obat golongan PPI (omeprazole)atau H2 bloker (ranitidin). Selalu pasiennya merasakan nyeri d area ulu hati. Sedangkan d sisi lain. Saat ini banyak sekali pasien tidak mau d rujuk ke RS dengan alasan takut covid 19.

    Utk kasus seperti ini apakah ada jenis obat analgesik yg paling aman d berikan kasus d atas atau apakah ada regimen obat kombinasi analgesik dan obat gastric protector yg aman utk pasien?

    Terima kasih

04 Januari 2021, 15:05

Alo dokter, coba bantu menjawab sekaligus ikut berdiskusi ya dok. Pada pasien dengan GI bleeding, pemberian analgetik memang perlu diperhatikan agar tidak meningkatkan risiko dari kondisi gastrointestinalnya namun juga mempunyai efek analgetik yang baik untuk keluhan nyerinya. Oleh karena itu di beberapa referensi juga disebutkan bahwa pemberian analgetik dapat diberikan dengan PPI sebagai profilaksis. Untuk pasien non kritis, pemberian profilaksis dapat diukur melalui skor risiko perdarahan gastrointestinal.

Dari penelitian didapatkan bahwa PPI dinilai lebih efektif menurunkan kejadian perdarahan gastrointestinal dibandingkan dengan H2A dan sukralfat. Selain itu, dari pemilihan analgetik sendiri terdapat beberapa alternatif yang pemberiannya dapat dilakukan dengan pertimbangan berdasarkan risiko gastrointestinal dan kardiovaskular, antara lain pada pasien GI bleeding (kategori moderate atau high) dapat diberikan Naproxen, celecoxib, atau NSAID non selektif ditambah dengan PPI.

Berikut referensi lebih lengkapnya sebagai tambahan dok https://www.alomedika.com/berbagai-pertimbangan-khusus-dalam-peresepan-obat-antiinflamasi-nonsteroid

https://www.alomedika.com/penggunaan-penurunan-asam-lambung-sebagai-profilaksis-stress-ulcer

Semoga dapat membantu dok, turut menyimak juga diskusi TS lainnya, mohon koreksi jika ada kesalahan. Terima kasih

 

04 Januari 2021, 19:03
Terima kasih dokter atas sharing ilmunyaa