Pasien post Covid 19 setelah 1 bulan jika mengalami gejala kembali apakah memungkinkan terjadi infeksi berulang - Patologi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Tonang, SpPK, PhD. Izin bertanya dok, pada praktek saat ini tes PCR ulang sudah tidak direkomendasikan pasca isolasi 10-14 hari &/ bebas gejala 3...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien post Covid 19 setelah 1 bulan jika mengalami gejala kembali apakah memungkinkan terjadi infeksi berulang - Patologi Klinik Ask The Expert

    14 Juli 2021, 13:44

    Alo dokter Tonang, SpPK, PhD. Izin bertanya dok, pada praktek saat ini tes PCR ulang sudah tidak direkomendasikan pasca isolasi 10-14 hari &/ bebas gejala 3 hari. Bila pasien selesai masa ini, kemudian beberapa lama (misal 1 bulan) kemudian memiliki gejala flu yang mengarah kasus probable covid, apakah dilakukan PCR? Kemudian bila positif, bagaimana interpretasi nya? Apakah dianggap reinfeksi? Mohon advis dokter, terima kasih dok

14 Juli 2021, 13:53
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Tks.Dr Sani. Di kita memang pedomannya masih belum menjelaskan secara rinci tentang kondisi tersebut. Untuk kita saat ini, pada kasus tersebut tetap dilakukan tes, kemudian ditindak lanjuti sesuai dengan penatalaksanaan kasus covid biasa. 

Bila misalnya hasilnya positif, maka tidak mudah membedakan apakah itu reinfeksi atau reaktivasi. Untuk menyebut reinfeksi, seharusnya ada proses squencing untuk membuktikan bahwa varian virus pada infeksi kedua itu, berbeda dengan infeksi sebelumya. Tapi ini sulit dilakukan. 

Sebagian Sejawat berpendapat, bila terjadi positivitas PCR lagi dalam kurun waktu smapai 3 bulan sejak infeksi pertama, maka itu adalah reaktivasi. Ini cara mudahnya, karena sulit melakukan sequencing. 

Dari sisi praktis, apakah itu reinfeksi atau reaktivasi, sebenarnya sama saja tata laksananya. 

Demikia Dok. Tks. 

14 Juli 2021, 13:56
Terima kasih dokter jawabannya. 


Yang membuat saya agak ragu karena kita tidak memiliki bukti PCR negatif sebelumnya, sehingga sulit untuk mengatakan ini infeksi baru atau sebenarnya masih merupakan infeksi yang sebelumnya dok, karena bila saya tidak salah beberapa pasien bisa memiliki PCR positif yang berkepanjangan sampai periode bulan. 


Apakah artinya kita obati ulang seperti temuan kasus baru dok? 


Terima kasih

14 Juli 2021, 14:36
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Tks Dok. Begini Dok. Rata-rata virus akan bersih dari seseorang pada hari ke 17-21 sejak terjadinya infeksi. Itu terjadi pada sebagian besar orang, selama tidak terjadi paparan berulang sebelum infeksi berakhir. 

Memang benar, ada kasus yang memanjang sehingga PCR nya tetap positif sampai lebih lama. Terpanjang sampai saat ini adalah 83 hari. Namun itu terjadi pada orang dengan kondisi imunocompromised. Pada sebagian besar kasus, tetap mengikuti rentang 17-21 hari Dok. 

Demikian Dok. Tks. 

14 Juli 2021, 14:37
Terima kasih banyak dokter Tonang atas penjelasannya