Pasien positif COVID-19 dengan defisiensi G6PD - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALODOKTER,Saya ingin bertanya.Chloroquine termasuk salah satu terapi pada COVID-19. Jika ada pasien COVID-19 yg juga G6PD defisiensi, bagaimana...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien positif COVID-19 dengan defisiensi G6PD

    18 April 2020, 13:44

    ALODOKTER,

    Saya ingin bertanya.

    Chloroquine termasuk salah satu terapi pada COVID-19. Jika ada pasien COVID-19 yg juga G6PD defisiensi, bagaimana tatalaksananya? Mengingat defisiensi tersebut menjadi kontraindikasi pemberian chloroquine.


    Dan apakah G6PD defisiensi termasuk komorbid? Terima kasih.

19 April 2020, 09:32
dr.Ni Nengah Aryanti Dewi, SpPD
dr.Ni Nengah Aryanti Dewi, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter, selamat pagi, ijin memberikan opini saya ya.
Defisiensi G6PD adalah penyakit keturunan akibat kekurangan enzim. Di lapangan diagnosis ini agak jarang karena penegakannya dengan pemeriksaan genetik. 

Chloroquine sendiri sebenarnya bukanlah obat padti untuk covid 19, karena obat ini masih dalam tahap penelitian dan uji klinis. Tak hanya sebagai penyebab hemolitik bagi pasien dengan defisiensi G6PD,  tapi madih bsnyak efek samping lsinnya seperti retinopati, ototoksik, hepatitis drug induced, dll. 
Sedangkan saat ini kita menghadapi pandemi covid 19 yg belum banyak pilihan obatnya. Adalah keadaan yg susah menghadapi pasien covid 19 yg sudah terkonfirmasi G6PD. Kesusahan itu saya anggap def G6PD sebagai faktor komorbid pada covid 19.

Namun disinilah peran kita sebagai dokter untuk mengevaluasi keadaan mana yg lebih kita prioritaskan terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.
19 April 2020, 10:08
Izin menyimak dok. 
Kebetulan saat lahir anak saya di uji G6PD dan dinyatakan def G6PD. 
19 April 2020, 10:19
dr.Ni Nengah Aryanti Dewi, SpPD
dr.Ni Nengah Aryanti Dewi, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter, ada klinis tertentu kah sebelumnya sehingga diuji G6PD?
Biasanya, anemia hemolisis yg disebabkan oleh defisiensi G6PD tidak semata mata langsung terjadi, kecuali pada individu dengan defisiensi G6PD yg berat. Biasanya didahului oleh faktor risiko, dok. Obat-obatan tertentu dan bahkan infeksi juga dapat mengakibatkan manifestasi dari defisiensi G6PD. Biasanya setelah ditangani faktor risikonya, maka keluhan akan membaik. Kecuali pada pasien yang mengalami anemia yg berat maka diperlukan transfusi.