Penanganan dan pemberian obat pelancar haid untuk pasien usia produktif - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin membuka diskusi dok. Banyak sekali pasien di Alodokter yang meminta obat untuk pelancar haid karena sudah telat haid di bulan ini (misal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan dan pemberian obat pelancar haid untuk pasien usia produktif

    29 Agustus 2023, 17:29
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin membuka diskusi dok. Banyak sekali pasien di Alodokter yang meminta obat untuk pelancar haid karena sudah telat haid di bulan ini (misal bulan Agustus). Sedangkan yang bertanya masih usia produktif yang bisa saja karena faktor stress/ketidakstabilan hormon.

    Mohon sarannya dok, apakah di beri advice untuk tunggu dulu dalam 3 bulan ini. Jika tidak haid berturut2, maka periksa ke SpOG untuk dapat penanganan yg tepat ATAU boleh diresepkan obat pelancar haid dok? Jika boleh, obat apa yang sebaiknya diberikan dok? šŸ™šŸ»

29 Agustus 2023, 18:01
Sore, kasusnya memang banyak ditemukan dan relatif dilematis karena kesulitan platform telemedicine memang memastikan terkait gejala dan kondisi aktual pasien.Beberapa kasus yang ditemui ada yg melibatkan amenorhea karena kehamilan, ada juga yang berkaitan dengan kondisi penyakit dasar termasuk yang bahkan cm selisih 1-2 hari sudah minta pelancar.Mungkin yg bisa dibantu pertama adalah penapisan :
1. Kira2 ada penyebab dasar atau penyakit dasar
2. Apa ada obat yg rutin diminum termasuk jenis KB yg digunakan
3. Apakah kemungkinan hamil sudah disingkirkan
4. Bagaimana pola siklus haid dan apa pernah demikian.Pemberian obat idealnya menilai aspek2 ini termasuk kemgknan perlu tidaknya penunjang. Misalnya pasien PCOS yg haidnya telat tentu beda penanganan dengan yang olahragawan dan sedang musim bertanding lalu telat. Yang satu perlu penanganan dan monitoring, yang kedua bisa observasi dulu.Selama sebabnya jelas (dan pasien bisa mempertanggungjawabkan) mgkn bs diberikan pelancar haid, bila rawan atau butuh penanganan lanjutan mungkin sebaiknya bisa disarankan periksa langsung onsite. Terima kasih.