Obat antivirus apa saja yang dibolehkan diberikan pada pasien dengan COVID-19 - Farmakologi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Reni Widyastuti, Sp.FK, izin bertanya dokter.Bolehkah diinfokan obat antivirus apa saja yang dapat diberikan pada pasien dengan COVID-19, termasuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Obat antivirus apa saja yang dibolehkan diberikan pada pasien dengan COVID-19 - Farmakologi Ask The Expert

    21 Juli 2021, 14:29

    Alo dr. Reni Widyastuti, Sp.FK, izin bertanya dokter.

    Bolehkah diinfokan obat antivirus apa saja yang dapat diberikan pada pasien dengan COVID-19, termasuk apakah meresepkan oseltamivir jika obat antivirus lainnya tidak tersedia boleh tetap diberikan?

21 Juli 2021, 14:43

Alo dr. Nurul Falah.

Saat ini antivirus yang direkomendasikan dalam Protokol Tatalaksana COVID-19 oleh 5 Organisasi Profesi adalah Favipiravir dan Remdesivir. 

Oseltamivir diindikasikan untuk infeksi virus influenza. Oseltamivir bekerja dengan menghambat enzim neuraminidase virus yang diperlukan untuk keluarnya virus dari sel yang terinfeksi pada akhir proses replikasi.  Sementara itu virus SARS-CoV2 tidak memiliki dan  memerlukan enzim neuraminidase untuk proses replikasi. Sehingga tidak ada tempatnya penggunaan oseltamivir untuk virus SARS-CoV2.

Pada kasus COVID19, oseltamivir dapat digunakan jika terdapat bukti adanya koinfeksi oleh virus Influenza.