Pasien wanita usia 72 tahun dengan keluhan nyeri pada suprapubik yang hilang timbul - Urologi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dr. Wempy, izin bertanya, wanita usia 72 tahun, nyeri suprapubik hilang timbul, skala nyeri 7-8/10, hasil usg penebalan kandung kemih, apakah memang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 72 tahun dengan keluhan nyeri pada suprapubik yang hilang timbul - Urologi Ask The Expert

    21 Januari 2021, 11:11

    Alo Dr. Wempy, izin bertanya, wanita usia 72 tahun, nyeri suprapubik hilang timbul, skala nyeri 7-8/10, hasil usg penebalan kandung kemih, apakah memang diagnosa cystitis kronis dari usg bisa menjelaskan nyeri skala 7/10 nya, dan antibiotik apa yang harus dikonsumsi dan durasi nya berapa lama dengan current diagnosis CKD stage 3?

    Terimakasih dok.

21 Januari 2021, 12:00
dr. Wempy Supit Sp.U, FACS
dr. Wempy Supit Sp.U, FACS
Dokter Spesialis Urologi

AloDok, cystitis kronis disertai nyeri / infeksi berulang pada pasien ini perlu dievaluasi lanjut urologi dengan uroflowmetry untuk menilai kelancaran miksi dan juga dengan urethro-cystoscopy. Saran saya saat ini untuk cek urine lengkap dan kultur urine dulu sebelum pemberian antibiotika, menimbang usia dan insufisiensi renal. 

Obat analgesik bisa diberikan pada saat ini, tapi hindari golongan NSAID ya dok. Nyeri yang demikian hebat apakah ada tanda-tanda obstruksi dok? (bisa pasang kateter untuk drainage dan segera meredakan nyeri nya)

21 Januari 2021, 12:07
Terimakasih responnya dok, uroflowmetry oleh urologi bulan lalu hasilnya bagus, pasien tidak ada keluhan tersendat saat bak. Saat ini treatment dengan cefixime dok, dan sudah berjalan sebulan dengan tappering off 2x100 mg.Sempat sebelumnya dicoba dengan levofloxacin oleh urologi, namun hasil nya nyeri semakin tidak terkontrol dan tambahan nyeri lambung. Utk pain management hanya parasetamol + hyoscine butulbromide dok.Untuk kultur akan dicoba dulu agar antibiotik nya lebih spesifik ya dok.