Interpretasi hasil EKG pasien nyeri dada - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear rekan sejawat, Ada pasien datang ke IGD dengan keluhan utama nyeri dada dan pusing. Sudah dilakukan pengukuran tekanan darah dengan hasil tekanan darah...

Diskusi Dokter

  • Interpretasi hasil EKG pasien nyeri dada

  • Dear rekan sejawat,

    Ada pasien datang ke IGD dengan keluhan utama nyeri dada dan pusing. Sudah dilakukan pengukuran tekanan darah dengan hasil tekanan darah rendah. Selain itu juga sudah dilakukan EKG dengan hasil seperti dibawah ini:

    Menurut rekan sejawat, bagaimana dengan hasil EKG pasien tersebut?

    Terima kasih sebelumnya.

    Dear dr. Georgiana,

    Menurut saya pasien mengalami STEMI dok, terlihat adanya ST elevasi di lead inferolateral. Untuk rate nya 70 bpm, sinus rhytm.

    Saya pernah melihat kasus serupa dan disarankan untuk kasus2 STEMI seperti ini dilakukan kateterisasi. Jika tidak tersedia bisa dilakukan fibrinolisis, juga diberikan aspirin dan morfin.  Oksigen bisa diberikan jika saturasi O2 menurun, usahakan tetap di atas 93%. 

    Untuk kasus ini, melihat hasil EKG, dikhawatirkan ada hipotensi karena infark inferolateral, jadi dapat juga diberikan bolus 250 ml NaCl 0.9% kemudian dievaluasi dan jangan diberi nitrat.

      dr.riki
    Anggota
    Dear dr.Georgiana,
    Berdasarkan hasil ekg yang terlampir terlihat gamabaran STEMI inferior. Selain itu, pada pasien infark inferior dicurigai mengalami infark ventrikel kanan oleh sebab itu anjuran pemeriksaan tambahan sadapan v3r-v4r dibutuhkan untuk konfirmasi. Pemeriksaan sadapan V7-V9 juga dibutuhkan untuk memastikan pasien mengalami infark posterior atau tidak karena pada lead v2-v4 terdapat st depresi yang merupakan gambaran mirror image infark di posterior.