Pemberian asetil sistein pada pasien dengan Nefropati Akibat Kontras (NAK) - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, selamat sore dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, FINASIM.Izin bertanya Dokter, sejauh ini kita kenal strategi pemberian hidrasi adekuat sebagai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian asetil sistein pada pasien dengan Nefropati Akibat Kontras (NAK) - Penyakit Dalam Ask the Expert

    22 Juni 2021, 15:28
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, selamat sore dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, FINASIM.

    Izin bertanya Dokter, sejauh ini kita kenal strategi pemberian hidrasi adekuat sebagai pencegahan nefropati akibat kontras (NAK), misalnya pada pasien yang akan menjalani PCI. Sementara saya pernah membaca beberapa penelitian terkait, bahwa menambahkan n-Asetil Sistein akan memberikan efek proteksi walaupun masih kontroversial. Sejauh ini bagaimana pengalaman klinis dokter terkait pemberian n-Asetil Sistein pada NAK, apakah bermanfaat dan seberapa dosis yang dianjurkan? Lalu, bila pasien mengalami DM dan konsumsi metformin, apakah metformin perlu distop sebelum tindakan?

    Terima kasih sebelumnya, Dokter.

22 Juni 2021, 15:41
dr.Pringgodigdo Nugroho
dr.Pringgodigdo Nugroho
Dokter Konsultan Ginjal dan Hipertensi

Alo, terima kasih atas pertanyaannya.

Benar, untuk NAK yang evidencenya kuat hanya Hidrasi dengan Normal Saline. Untuk NAC evidencenya masih kontroversi sehingga tidak masuk rekomendasi guideline. Namun mengingat masih ada hasil yang positif, obatnya juga tidak mahal, dan pemberian oral jarang terjadi efek samping, beberapa ahli masih menganjurkan memberikan NAC oral 2 x1200 mg pada hari H0 dan H+1 kontras. Saya juga memberikan seperti ini.

Untuk metformin, karena evidencenya masih kontroversi dan bila di stop dapat menggangu kendali glikemik, saya pribadi tidak menyetopnya.