Multisystem Inflammatory Syndrome pada Anak - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Wahyuni SpA(K)Izin bertanya Dok mengenai multisystem inflammatory syndrome yang dapat terjadi setelah infeksi COVID-19 pada anak. Apakah ada faktor...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Multisystem Inflammatory Syndrome pada Anak - Anak Ask The Expert

    18 Agustus 2021, 14:46

    Alo, dr. Wahyuni SpA(K)

    Izin bertanya Dok mengenai multisystem inflammatory syndrome yang dapat terjadi setelah infeksi COVID-19 pada anak. Apakah ada faktor risiko yang diketahui dapat membuat anak lebih rentan mengalami ini Dok? Selain itu, adakah langkah pencegahan yang bisa dilakukan pada anak yang sudah terinfeksi COVID-19?

    Terima kasih banyak Dok

18 Agustus 2021, 14:57
dr. Wahyuni Indawati SpAK
dr. Wahyuni Indawati SpAK
Dokter Spesialis Anak

Alo dr Meva,

Sayangnya karena kasusnya masih relatif jarang, belum ada penelitian yang jelas terkait faktor risiko MISC ini. Namun dikatakan MIS C lebih banyak didapatkan pada anak yang usia nya tidak terlalu muda (> 9 tahun) dan harus diwaspadai pada anak yang saat awal masuk mempunyai kadar feritin yang tinggi. Langkah pencegahan tidak ada yang spesifik hanya perlu diwaspadai gejala gejala MIS C sehingga dapat dikenali lebih dini. MIS C ini juga umumnya tidak terjadi pada fase akut COVID 19 namun pada fase lanjut, biasanya PCR sudah negatif dan sudah terbentuk antibodi Sars CoV 2.

18 Agustus 2021, 14:59

Terima kasih banyak Dokter