Pasien laki-laki usia 71 tahun dengan keluhan dada berdebar setelah minum obat untuk infeksi saluran kemih - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien pria 71 th dengan diagnosis ISK non-komplikata. Datang dengan keluhan nyeri saat berkemih dan tidak tuntas.Hasil pemeriksaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 71 tahun dengan keluhan dada berdebar setelah minum obat untuk infeksi saluran kemih

    30 Maret 2021, 09:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya memiliki pasien pria 71 th dengan diagnosis ISK non-komplikata. Datang dengan keluhan nyeri saat berkemih dan tidak tuntas.

    Hasil pemeriksaan urin rutin menunjukkan leukosit 15-20 dan eritrosit 8-15

    Saya beri terapi kotrimoksazol 2x960mg dan amlodipin utk penyakit hipertensi penyertanya.

    Keesokannya pasien dtg dengan keluhan berdebar setelah meminum obat kotrimoksazol, dam setelah saya baca2 tidak ada efek samping bersebar.

    Mohon sharing dan diskusinya dokter 🙏🏾

30 Maret 2021, 11:14

Alo dokter,

Pada lansia, pemberian obat antibiotik harus hati-hati terhadap interaksi obat. Beberapa antibiotik dapat menghambat subunit CYP2C9 dari sistem P450 yang penting untuk metabolisme banyak obat, sehingga berisiko menyebabkan efek samping akibat interaksi obat.

Antibiotik yang dapat menghambat subunit CYP2C9 adalah clarithromycin, erythromycin, fluconazole, itraconazole, ketoconazole, metronidazole, dan sulfamethoxazole.

Kotrimoksazole mengandung kombinasi sulfametoksazol dan trimethoprim, sebaiknya diganti dengan golongan antibiotika lain.

Referensi:

https://www.medscape.com/viewarticle/848870_2

https://www.alomedika.com/bahaya-polifarmasi-pasien-lansia